Find Us On Social Media :

Hands-on ASUS ZenBook Flip UM462: Touchpad-nya Bisa Jadi Numpad

By Dayu Akbar, Selasa, 19 November 2019 | 10:00 WIB

Diluncurkan berbarengan dengan laptop ZenBook UM431DA, ASUS juga menghadirkan varian lain melalui seri ZenBook Flip UM462. Dua seri ZenBook ini juga sebagai varian seri ZenBook pertama yang menggunakan prosesor AMD Ryzen. Sebelumnya, seri ZenBook memang identik dengan menggunakan prosesor Intel. Namun yang berbeda, ASUS ZenBook Flip UM462 ini merupakan laptop convertible atau biasa juga disebut dengan 2-in-1 yang memiliki engsel bisa ditekuk sampai 360 derajat dan berubah fungsi menjadi tablet. Jika sebelumnya kami sudah melakukan hands-on pada ZenBook UM431DA, maka kali ini giliran ASUS ZenBook Flip UM462.

Seri ZenBook memang mengusung filosofi desain yang sama, yaitu sebuah laptop yang ringkas, tipis, dan ringan. Ini pula yang terlihat pada ZenBook Flip UM462. Punya bobot hanya 1,6 kg, ketebalannya saja hanya sekitar 1,89 cm.

Begitu pula dengan dimensinya yang ringkas karena layarnya memiliki ukuran 14 inci dengan ukuran bezel yang tipis sekitar 4,37 mm. Karena bezel yang sangat tipis, keseluruhan dimensi bodi laptop ini dapat dipangkas sehingga bentuknya tetap ringkas meski mengusung layar yang besar. Dengan bobot dan dimensi yang dimilikinya, laptop ini cukup enteng dipegang satu tangan dan tentu saja tidak memberatkan saat dibawa-bawa dalam tas.Hanya memiliki satu pilihan warna, tampilannya sederhana namun terkesan premium. Bodi laptop-nya dibalut dengan logam khusus yang ringan namun kuat dan sudah mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer (Military Grade) MIL-STD 810G.

Engsel-nya yang dimilikinya berbeda dengan engsel di laptop convertible lainnya, ZenBook Flip UM462DA menggunakan engsel yang memiliki mekanisme khusus. Mekanisme tersebut memungkinkan bodi utama laptop ini terangkat ketika digunakan pada mode laptop. Engsel yang diberi nama ErgoLift Hinge ini menggunakan mekanisme khusus yang memungkinkan penggunanya untuk dapat memutar layar laptop ini dengan mudah dan tanpa hentakkan. Selain itu mekanisme khusus ini juga memungkinkan layar ZenBook Flip UM462DA dapat diposisikan dalam sudut berapapun hingga 360 derajat.

Karena bisa pula difungsikan sebagai tablet tentu saja sudah menggunakan panel layar sentuh. Tidak ketinggalan sudah dibekali dengan fitur Windows Ink sehingga dapat berfungsi layaknya papan gambar digital. Pengguna ZenBook Flip UM462DA juga akan mendapatkan ASUS Pen, yaitu stylus khusus yang terdapat langsung di dalam paket penjualan laptop ini.Area keyboard-nya sudah menggunakan lampu backlit warna putih yang memudahkan mengetik dalam kondisi gelap. Dengan dimensi yang ringkas, tombol keyboardnya minimalis tanpa menyertakan area numpad. Tapi tunggu dulu, ASUS menawarkan fitur unik dengan menempatkan numpad pada area touchpad.

Melalui sebuah tombol khusus, touchpad dapat berubah menjadi numpad hanya dalam satu kali tekan saja. NumberPad sangat cocok digunakan untuk mereka yang sering menggunakan numpad ketika bekerja, sehingga memastikan produktivitas maksimal di mana saja.

Untuk konektivitas tersedia dual-band WiFi 802.11ac dan Bluetooth, hingga USB Type-C untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal. Tersedia pula port USB 3.1 Type-A, USB 2.0, card reader, serta HDMI. Fitur menarik lainnya yaitu IR camera yang terintegrasi dengan Windows Hello sehingga pengguna dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 melalui sistem pemindai wajah.

Dari spesifikasi, laptop ini punya dua pilihan prosesor yaitu AMD Ryzen 5 3500U dan Ryzen 7 3700U yang didukung oleh penggunaan RAM DDR4 berkapasitas 8GB serta penyimpanan berupa PCIe SSD berkapasitas 512GB. ASUS ZenBook Flip UM462 sudah tersedia untuk pasar Indonesia dan dibanderol dengan harga cukup menarik. Untuk varian AMD Ryzen 5 dan Ryzen 7 masing-masing ditawarkan dengan harga Rp11.299.000 dan Rp13.299.000.