Find Us On Social Media :

Demi Tekan Biaya Operasional, BCA Siap Mengadopsi Teknologi Blockchain

By Adam Rizal, Senin, 25 November 2019 | 16:30 WIB

Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja

Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengatakan BCA akan menggunakan teknologi blockchain untuk menekan biaya operasional perseroan dalam melayani nasabah bisa lebih efektif.

Namun demikian, ia menyatakan akan tetap menaati berbagai aturan yang telah ditetapkan regulator.

"Blockchain ini mungkin tidak akan lama lagi bisa diterapkan di Tanah Air. Tetapi kita akan selalu menunggu arahan dari regulator," katanya di Jakarta.

Jahja mengatakan, menggunakan teknologi blockchain perlu dilakukan seiring dengan kecenderungan layanan digital perbankan yang terus mengalami pertumbuhan. Hal itu tercermin dari kecenderungan transaksi di cabang-cabang BCA yang terus menurun. Berdasarkan catatannya, saat ini orang-orang cenderung melakukan transaksi melalui layanan digital.

“Dulu, di semua cabang BCA kami mempunyai ATM hingga 17 persen, sekarang tinggal 1,8 persen. Nah, saat ini, nasabah BCA, sekitar 75 persen malah menggunakan layanan mobile banking dan Internet banking,” katanya.

Selain menanti arahan dari regulator, BCA juga aktif menyelenggarakan beragam acara terkait blockchain. Salah satunya BCA Finhack 2019 yang merupakan lomba inovasi perbankan berbasis teknologi blockchain. Melalui acara ini, BCA ingin mendapatkan gambaran nyata tentang penerapan blockchain dalam hal pengelolaan identitas, inklusi keuangan, serta transaksi interbank dan remitensi.

Acara itu melibatkan sejumlah startup dan kelompok masyarakat Indonesia yang merancang pemanfaatan teknologi blockchain, khususnya di bisnis perbankan.

Jahja menyampaikan penggunaan blockchain dapat membuat beban operasional perseroan turun. Pasalnya, penyimpanan data nantinya dilakukan secara desentralistik.

“Pada penerapan awal pasti banyak belanja modal yang keluar. Tetapi setelahnya, beban operasioanal akan turun secara berkala,” ucapnya.

Berlomba Mengadopsi Blockchain

Sementara itu, Bank Negara Indonesia (BNI) adalah bank pertama di Indonesia yang mengklaim akan yang menerapkan teknologi blockchain di bisnisnya. Pada 11 Mei 2018 BNI mengumumkan itu, memanfaatkan teknologi blockchain untuk meningkatkan kinerja bisnis perbankan untuk produk trade finance dan remittance.Rico Rizal Budidarmo, Direktur Tresuri dan Internasional BNI mengatakan penggunaan blockchain pada transaksi finansial dapat memberikan kemudahan berupa akses dan validasi dokumen yang dapat dilakukan secara real time melalui sistem yang terintegrasi antar anggotanya.

Aplikasinya lainnya adalah transaksi remittance atau antar negara, karena blockchain memungkinkan transaksi terjadi secara real time dan aman. 

"Teknologi blockchain ini dapat meningkatkan transaksi dan pendapatan BNI secara signifikan, khususnya pada transaksi trade finance dan remittance serta menjadi solusi perbankan di tengah persaingan era digital,” ujarnya dalam situs resmi perusahaan.