Meski Google dan pabrikan wearable device Fitbit telah sepakat untuk akuisisi, nyatanya tidaklah mudah bagi Google untuk mencapai kesepakatan tersebut.
Sebab, tak hanya Google yang mengincar Fitbit, melainkan juga raksasa jejaring sosial Facebook.
Mulanya, identitas Facebook sebagai calon peminang Fitbit tidak diketahui oleh publik. Dalam penawaran yang tertera pada sebuah dokumen sekuritas, Nama Facebook selaku peminat akuisisi Fitbit Inc. ditulis sebagai "Party A".
Namun, seorang sumber yang familiar dengan hal tersebut baru-baru ini mengonfirmasi bahwa perusahaan yang dimaksud sebagai "Party A" tersebut adalah Facebook.
Sang sumber menyebutkan bahwa Facebook dan Google sudah terlibat "perang" tawar menawar harga untuk dapat mengakuisisi Fitbit Inc.
Sebelum menyetujui pinangan Google, Fitbit ternyata pernah lebih dulu terlibat pembicaraan soal itu dengan Facebook. Facebook hendak membeli saham Fitbit dengan harga 7,35 dollar AS atau sekitar Rp 103.000 per lembar.
Namun, harga tersebut masih berada di bawah angka yang ditawarkan Google. Pihak Fitbit mengatakan bahwa awalnya, CEO perusahaan "Party A" atau yang sekarang diketahui sebagai Facebook ini sempat mengirimkan e-mail pada CEO Fitbit, James Park untuk mengajak makan malam.
"Pada 11 Juni 2019, Park dan kepala eksekutif 'Party A' makan malam dan membahas secara umum tentang lanskap teknologi wearable," kata pihak Fitbit seperti dikutip Bizjournals.
Setelah Fitbit sepakat dengan Google untuk proses akuisisi, sumber tersebut pun mengatakan bahwa Facebook tidak memiliki rencana untuk membuat penawaran lain yang lebih tinggi.
Sumber itu mengatakan bahwa penawaran seharga 7,35 dollar per lembar saham adalah angka tertinggi yang ditawarkan Facebook kepada Fitbit.
Google sendiri secara resmi mengumumkan rencana untuk mengakuisisi perusahaan produsen wearable, Fitbit pada Jumat (1/11/2019).
Nilai transaksi akuisisi Google terhadap Fitbit mencapai 2,1 miliar dollar AS, atau setara Rp 29,3 triliun.
Dengan nilai tersebut, maka akuisisi Google terhadap Fitbit itu menjadi salah satu akuisisi bernilai besar yang pernah dilakukan oleh Google, setelah akuisisi Motorola senilai Rp 112 triliun pada 2011 lalu.
Google pada awal 2019 juga telah membeli teknologi smartwatch milik perusahaan fesyen Fossil, senilai 40 juta dollar AS (sekitar Rp 567 miliar).