Find Us On Social Media :

Gandeng AWS, F5 Percepat Implementasi Aplikasi di Lingkungan Hybrid

By Liana Threestayanti, Jumat, 29 November 2019 | 15:15 WIB

F5 Networks, penyedia layanan untuk aplikasi hybrid cloud, mengumumkan kerja sama global Strategic Collaboration Agreement dengan Amazon Web Services (AWS).

F5 Networks, penyedia layanan untuk aplikasi hybrid cloud, mengumumkan kerja sama global Strategic Collaboration Agreement dengan Amazon Web Services (AWS).

Dengan kerjasama ini, pelanggan keduanya dapat memanfaatkan F5 untuk workload aplikasi yang cloud native dan memperluas investasinya pada solusi F5 ke AWS.

Melalui kerjasama ini, F5 dan AWS memastikan pelanggan dapat mengakses dan memanfaatkan layanan full-suite Software as a Service (SaaS) dan layanan aplikasi cloud native F5 untuk melakukan migrasi, membangun, mengamankan, dan mengoperasikan aplikasi di cloud AWS.

Pelanggan juga dapat menggunakan solusi F5 untuk menstandardisasi, menambah (scaling), dan mengoptimalkan layanan aplikasi untuk lingkungan cloud AWS. F5 menyediakan layanan aplikasi yang untuk berbagai kebutuhan mulai dari proses pemindahan aplikasi dengan strategi lift-and-shift, memindahkan ke platform yang berbeda (re-platforming), sampai dengan pengembangan aplikasi dari awal hingga akhir dan modernisasi aplikasi.

“F5 telah berkolaborasi dengan AWS sejak lama, yang terbaru adalah melalui penawaran SaaS, F5 Cloud Services. Bersama AWS, kami menyediakan solusi yang dapat membantu perusahaan menyebarkan aplikasi secara cepat dan aman, sekaligus memastikan aplikasi-aplikasi tersebut bekerja dengan baik dan taat pada peraturan/kebijakan,” tutur Chad Whalen, Executive Vice President, Worldwide Sales di F5.

Hal tersebut, menurut Chad, sejalan dengan strategi kami untuk mendukung praktik-praktik DevOps modern dan melayani tim teknis dengan kemampuan yang menciptakan alur paling efisien, mulai dari proses coding hingga aplikasi sampai ke (tangan) pelanggan.

Perusahaan mengadopsi cloud untuk mempercepat siklus inovasi dan meningkatkan efisiensi. Namun saat ini banyak perusahaan harus mengelola data center dan lingkungan cloud secara terpisah. Dan hal itu berujung pada biaya operasional, kompleksitas, dan risiko tinggi. Para pelanggan ini membutuhkan solusi hybrid cloud yang memungkinkan aplikasi mereka berjalan dengan kinerja dan keamanan yang konsisten tanpa melihat lokasinya.

Kerjasama F5 dan AWS mencoba menjawab tantangan ini sehingga organisasi/perusahaan dapat memanfaatkan layanan aplikasi F5 di semua lingkunga komputasi. Solusi F5 juga akan memudahkan kerja tim DevOps dan pengembang aplikasi dalam melakukan provisioning, mengkonfigurasi, dan mengelola layanan via API atau portal web, tanpa harus memiliki pengetahuan mendalam di bidang jaringan atau sekuriti.

 “Kemampuan untuk melakukan deployment dan menjalankan aplikasi di AWS dengan menggunakan layanan F5 adalah persyaratan penting bagi banyak pelanggan yang telah menerapkan standar F5 dalam penyediaan dan keamanan aplikasi mereka,” ujar Mike Clayville, Vice President, Worldwide Commercial Sales and Business Development di Amazon Web Services, Inc.

“Kerjasama ini meningkatkan hubungan historis kami dengan F5 ke level yang lebih tinggi. Ini akan menjadi aset luar biasa bagi para pelanggan seiring dengan aktivitas mereka membangun aplikasi-aplikasi cloud-native baru di AWS dan memindahkan banyak beban kerja  penting seperti SAP dan Windows ke AWS,” Mike Clayville menambahkan.

Melalui kerjasama ini pula, F5 dan AWS akan bekerja sama untuk memudahkan pelanggan melakukan pembaruan (upgrade) ke layanan aplikasi F5 generasi terbaru yang terdiri dari: