Find Us On Social Media :

Gelontor Seri Anyar, Realme Mutakhirkan Android 10 dan ColorOS 7

By Indah PM, Sabtu, 30 November 2019 | 13:30 WIB

Update Android 10

Tak dimungkiri, software memiliki peran yang sangat penting pada smartphone. Salah satunya adalah memberikan pengalaman maksimal saat menggunakan hardware perangkat itu sendiri.

Setelah menghadirkan serangkaian smartphone untuk setiap segmen, di penghujung November ini Realme mengumumkan jadwal pembaruan Android 10 dan UI khusus realme berdasarkan ColorOS 7.

Selain untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna smartphone Realme, pemuktahiran ini juga membawa peningkatan dalam keamanan, stabilitas software dan sektor pengalaman pengguna yang seamless.

UI baru dari realme ini mengimplementasikan konsep desain visual baru yang diharapkan dapat mengurangi kelelahan visual, pun menawarkan pengguna sistem warna yang lebih nyaman.

Pembaruan ini juga akan menjanjikan grafis game yang lebih halus, manajemen RAM yang lebih baik, serta pengalaman video dan vlog yang mulus dengan lebih banyak opsi penyesuaian.

Palson Yi (Senior Brand Manager Realme Indonesia) menyebut, pihaknya baru-baru ini berfokus pada pengembangan UI kustom mereka sendiri yang didasarkan pada ColorOS 7. UI kustom tersebut juga menghadirkan fitur-fitur terbaik dari Android 10 dan akan lebih dekat dengan pengalaman Android murni.

"Semua UI khusus Realme akan digulirkan untuk seluruh model smartphone realme, dimulai dari Januari 2020 dan seterusnya,” ungkap Palson Yi.

ColorOS 7 diklaim mampu mendongkrak kemampuan optimalisasi RAM yang lebih baik, sekaligus mengurangi waktu memulai aplikasi hingga 40%, dengan efisiensi sumber daya sistem hingga 30%.

Sementara untuk mobile gamer, ColorOS 7 memberikan peningkatan frame rate dalam game dan respons sentuh.

Dari sisi kamera, ColorOS 7 juga menghadirkan peningkatan, dengan Mode Portrait 2.0, mode Nightscape yang disempurnakan dan mode super steady untuk pengambilan video. Aplikasi galeri juga mengalami pembaruan untuk memungkinkan pengambilan, pengeditan, dan berbagi yang lebih cepat.

Program ColorOS 7 Beta dimulai dari tanggal 27 November 2019, terutama untuk realme X2 Pro. Bagi user yang ingin mengikuti program ini dapat mengisi aplikasi di Komunitas Realme.

Pengujian versi Beta akan dilakukan selama kurang lebih 2 bulan, mulai dari 18 Desember 2019 hingga Januari 2020.

Sementara itu, ColorOS 7 dengan kostumisasi khusus dari realme akan digulirkan ke seluruh perangkat Realme melalui pembaruan OTA.

Realme XT dan Realme 3 Pro diperkirakan akan menerima pembaruan pada Januari tahun depan. Realme X dan Realme 5 Pro akan menerima pembaruan pada Februari 2020. Sedangkan Realme X2 Pro diharapkan menerima ColorOS 7 pada Maret 2020.