Find Us On Social Media :

Hands-on realme X2 Pro: Flagship Snapdragon 855+ Tapi Terjangkau

By Dayu Akbar, Selasa, 3 Desember 2019 | 18:15 WIB

realme secara resmi telah meluncurkan flagship terbarunya untuk pasar Indonesia melalui seri X2 Pro. Ditawarkan dengan harga Rp7.799.000, realme X2 Pro memang jadi flagship dengan harga cukup menarik dibanding kompetitor dengan spesifikasi setara. Sebagai flagship, realme X2 Pro hadir dengan system-on-chip unggulan yaitu Qualcomm Snapdragon 855+ yang melalui proses fabrikasi 7nm dan GPU Adreno 640, memberikan prosesor rendering grafis 15% lebih cepat dari Snapdragon 855. Selain itu, prosesor tersebut juga memiliki chip pemrosesan AI 3x lebih cepat dan LPDDR4X 12GB + 256GB dengan UFS 3.0 Flash Storage terbaru.realme X2 Pro memiliki baterai 4000mAh dan mendukung teknologi 50W SuperVOOC Flash Charge di dalam kotak penjualan yang sanggup mengisi baterai secara penuh hanya dalam waktu 35 menit. Kecepatan pengisian yang super cepat ini dilindungi oleh sistem chip lima inti cerdas yang menyediakan pemantauan real time dari arus listrik.Saat peluncurannya, kami berkesempatan memegang unit X2 Pro yang sedang dipamerkan. Sebagai flagship, tampilannya memang terbilang tidak ada yang unik. Masih mirip dengan smartphone dikelas menengah lain saat ini.

Hadir dengan dua pilihan warna yaitu Lunar White dan Neptune Blue, unit yang kami pegang memiliki pilihan warna pertama di bagian belakangnya. Bodi belakang ini memiliki lapisan kaca yang memang masih gampang kotor terkena sidik jari, tapi tidak segampang saat bodinya menggunakan lapisan glossy.

realme X2 Pro dirancang agar aman terhadap goresan berkat paduan bingkai tengah dan tombol aluminium serta Gorilla Glass 5 di bagian belakang dan layar.

Dibagian belakang ini hanya terdapat empat kamera yang berada dalam satu bingkai dengan posisi vertikal serta lampu LED flash di sebelahnya. Tidak terdapat sensor sidik jari karena X2 Pro menempatkannya di layar. Untuk layarnya hadir dengan desain full screen dewdrop notch yang menempatkan kamera hingga semua sensor di bagian atas layar. Desain ini memiliki rasio screen-to-body 91,7% dan frame ramping 1,95mm dan lebar dagu 4,3mm.

Panel layarnya menggunakan jenis Super AMOLED yang telah dilengkapi sensor in-display fingerprint. Responnya cukup cepat karena sudah menggunakan modul terbaru dari G3.0, solusi terbaru menggandakan area sensitivitas, meningkatkan intensitas sinyal hingga 40%, dan hanya membutuhkan rata-rata 0,23 detik untuk membuka kunci ponsel. Untuk tombol fisik, tombol Power ada di kanan dan Volume di sisi kiri. Bagian bawah ada jack audio 3.5mm, luang reset, port USB type-C, dan speaker. Slot kartu ada di atas tombol Power yang berisi kompartemen hybrid yang artinya hanya bisa diisi dengan satu kartu SIM dan satu microSD, atau dua kartu SIM bersamaan.

Berbasis Android 9.0 Pie, realme X2 Pro menggunakan user interface ColorOS 6 yang menggunakan app drawer yang tersusun secara vertikal. Untuk area notifikasi terdapat pula akses cepat untuk mengaktifkan NFC serta fitur lainnya.