Find Us On Social Media :

Hands-on ASUS ROG Phone II: Smartphone Gaming yang Sesungguhnya

By Dayu Akbar, Kamis, 5 Desember 2019 | 16:30 WIB

Akhirnya ASUS Indonesia secara resmi meluncurkan smartphone gaming terbarunya yaitu ASUS ROG Phone II ke pasar tanah air. Bidik gamer, smartphone ini hadir dengan fitur-fitur yang bakal memanjakan mereka.Pihak ASUS sendiri menegaskan bahwa ROG Phone II merupakan smartphone gaming yang sesungguhnya karena tidak hanya hadir dengan spesifikasi tinggi, tapi juga desain serta ekosistem yang dibuat memang benar-benar ditujukan untuk itu.Guna mengetahui apa saja yang didapat pada paket penjualannya, kami berkesempatan melihat isi paket penjualan ASUS ROG Phone II untuk mengetahui apa saja yang terdapat di dalamnya.Kotak penjualannya berwarna hitam dengan beberapa logo ROG dan memiliki ukuran besar yang tidak jauh berbeda dengan dimensi unitnya. Didalamnya terdapat kelengkapan yang terbilang standar, diantaranya unit smartphone, adaptor berukuran agak besar, kabel data type-C, aero case dengan desain unik, SIM ejector, serta beberapa buku panduan dan stiker IMEI. Dan sayang sekali paket penjualan yang kami terima didalamnya tidak menyertakan earphone.

Unitnya sendiri memiliki ukuran agak besar dengan dimensi agak memanjang. Ini dikarenakan layarnya memiliki ukuran 6,59 inci dan memiliki rasio aspek 19,5 banding 9 yang disesuaikan dengan kenyamanan saat bermain game pada mode landscape. Punya bobot 240 gram dan ketebalan 0,9 cm, dimensinya ini masih terbilang cukup ergonomis saat digenggam dengan satu tangan seukuran orang dewasa.

Dilihat dari tampilannya, ROG Phone 2 memang kental dengan aura gamingnya. Ini bisa dilihat dari bodi belakang yang memiliki desain khas ROG dengan beberapa motif serta disematkan logo ROG. Kerennya lagi, logo ini ternyata bisa menampilkan cahaya RGB dengan pilihan empat tema pencahayaan. Terdapat tulisan ROG Aerodynamic Systems yang merupakan solusi pendingin yang ditawarkannya.

Di sisi atas kiri terdapat dua kamera utama yang memiliki resolusi 48 MP dan 13 MP yang ditempatkan secara horisontal dalam satu frame. Tidak ketinggalan, disebelahnya terdapat dua LED flash. Bodi belakang ini menggunakan material plastik dengan tampilan glossy yang ternyata tidak mudah kotor oleh bercak jari atau tangan. Beralih ke bagian depan, layarnya terlihat mantap karena menggunakan panel AMOLED dan udah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 6. Tidak heran jika layarnya tidak lagi ditambah dengan screen protector. Untuk bezel sisi kiri dan kanannya sanat tipis, sedangkan sisi atas dan bawah sedikit lebih tebal. ROG Phone II tidak menggunakan desain notch. Mungkin ini yang membuat tampilan bezel atas sdikit lebih tebal untuk menempatkan kamera depan, tapi posisinya bukan ditengah melainkan di pinggir kanan.

Smartphone ini memiliki dua speaker yang ditempatkan di ujung bezel atas dan ujung bezel bawah. Ini bakal membuat keluaran suara jadi lebih kencang dan berasa aura stereo-nya.Untuk tombol fisik, hanya tersedia di sisi kanan saja berupa tombol Power dan Volume. Mski tidak terlihat secara kasat mata, di sisi kiri dan kanan dari tombol-tombol tadi terdapat fungsi AirTrigger yang berguna untuk memudahkan pengendalian saat bermain game layaknya memegang controller seperti joystick atau gamepad.

Selain itu, fungsi ini juga bisa digunakan untuk mengatifkan fitur X-mode dengan menekan sisi bawah kiri dan kanan saat menggenggam unit. yaitu mode untuk meningkatkan performa gaming. Namun sebelum mengaktifkannya, pengguna mesti melakukan pengaturan terlebih dahulu.

Di sisi kiri, ASUS menyetakan dua konektor USB type-C yang diberi penutup. Meski sudah terdapat USB type-C yang mendukung perangkat audio, ASUS tetap menyertakan jack audio 3.5mm di sisi bawah, bersebelahan dengan port USB type-C.Sistem operasi yang digunakan yaitu Android 9.0 Pie dengan balutan interface yang diberi nama New ROG UI. Sebagai smartphone untuk gamer, ASUS menyematkan banyak fitur didalamnya. Diantaranya X-mode yang akan meningkatkan performa sistem secara keseluruhan agar bermain game jadi lebih optimal.

Ada pula Armory Crate yang akan mengubah tampilan ke mode gaming. Tampilan ini hanya akan menampilkan game-game yang telang terpasang diperangkat. Sedangkan AirTrigger akan memberikan kenyamanan saat bermain game pada mode landscape dimana posisi telunjuk akan dimudahkan dengan hadirnya tombol virtual di tiap sisi. Mirip dengan joystick pada tombol L1, L2 dan R1, R2.

Tidak hanya menghadirkan unit, ASUS juga menghadirkan ekosistem gaming secara menyeluruh dengan menghadirkan aksesori pendukung yang dijual secara terpisah seperti TwinView Dock II, ROG Kunai Gamepad, Aeroactive Cooler II, dan Mobile Desktop Dock.

Untuk pasar Indonesia, ASUS meluncurkan terlebih dahulu versi RAM 8GB dan storage 128GB yang dibanderol dengan harga Rp8.499.000. ASUS juga menawarkan beberapa paket penjualan lain yang dibundel dengan beberapa aksesori berbeda.