Find Us On Social Media :

Saatnya Tinggalkan Windows 7

By Wisnu Nugroho, Kamis, 5 Desember 2019 | 17:28 WIB

Saatnya tinggalkan Windows 7

Windows 7 bisa dibilang salah satu sistem operasi paling populer sepanjang sejarah. Meski sudah berusia lebih dari satu dekade, Windows 7 saat ini masih digunakan oleh 34,5% pengguna komputer berbasis Windows.

Akan tetapi, sudah saatnya Anda meninggalkan Windows 7. Pasalnya Microsoft akan menghentikan dukungan Windows 7 mulai tanggal 14 Januari 2020 mendatang. Setelah tanggal tersebut, Microsoft tidak lagi mengeluarkan pembaruan sistem untuk Windows 7. 

Apakah Windows 7 Masih Dapat Digunakan?

Setelah tanggal tersebut, Anda sebenarnya masih bisa menggunakan Windows 7 seperti biasa. Namun Anda harus menanggung sendiri resikonya karena Microsoft tidak lagi mengeluarkan pembaruan sistem, termasuk di sisi security. Untuk pengguna bisnis, customer service Microsoft juga tidak lagi melayani keluhan atau bantuan teknis ke pengguna setelah tanggal 14 Januari 2020 itu. 

Hal ini tentu saja menimbulkan resiko yang tidak kecil. Contohnya jika muncul varian virus atau ransomware yang baru. Jika virus tersebut muncul sebelum tanggal 14 Januari 2020, Microsoft akan mengeluarkan pembaruan sistem untuk melindungi pengguna Windows 7. Namun setelah tanggal itu, Microsoft tidak lagi mengeluarkan pembaruan sistem sehingga komputer Anda rentan terkena virus tersebut. 

Kemudahan Beralih

Salah satu faktor yang membuat pengguna enggan beralih dari Windows 7 adalah kekhawatiran tentang kompatibilitas. Apalagi bagi pengguna dari segmen enterprise, yang khawatir sistem operasi yang baru tidak mendukung aplikasi yang mereka gunakan saat ini.

Sebenarnya, kekhawatiran tersebut tidak perlu terjadi. Windows 10 sebagai penerus Windows 7 terbukti memiliki kompatibilitas yang tinggi dengan Windows 7. Data menunjukkan, 99% aplikasi yang berjalan di Windows 7 dapat berjalan mulus di Windows 10. Bahkan, beberapa software yang dijalankan di Windows 10 kini sudah ada yang memiliki update terbaru.

Selain memiliki kompatibilitas tinggi, Windows 10 juga memiliki beragam keistimewaan yang mendukung bisnis Anda. Mulai dari sistem keamanan yang baru, performa yang lebih cepat, serta memiliki konsumsi daya yang hemat. 

Bagaimana cara beralih ke Windows 10?

Jika menggunakan Windows 7 Full Business License dan ingin mempertahankan perangkat lama, Anda akan mendapatkan notifikasi pada komputer Anda untuk menjalankan pembaruan sistem operasi. Sementara bagi pengguna Windows 7 dengan home licence, Anda dapat membeli Windows 10 secara online atau pada toko terdekat, dan melakukan instalasi sesuai dengan petunjuk yang ada.

Lalu, kapan waktu tepat untuk beralih ke Windows 10?

Sekarang adalah momen yang tepat. Saat ini banyak Mitra Microsoft yang memberikan bantuan, bahkan promo menarik, untuk melakukan upgrade ke Windows 10, dan bahkan menawarkan promo menarik. 

Salah satunya adalah Synnex Metrodata Indonesia, mitra distribusi dari Microsoft di Indonesia. Melalui halaman resminya, Synnex Metrodata Indonesia memberikan banyak informasi menarik mengenai Windows 10, dan menawarkan support khusus bagi bisnis yang masih menggunakan banyak user license Windows 7.