Find Us On Social Media :

Bikin Akun Instagram Sekarang Harus Masukkan Tanggal Lahir, untuk Apa?

By Rafki Fachrizal, Jumat, 6 Desember 2019 | 16:15 WIB

Ketika ingin membuat akun baru di Instagram, setiap calon pengguna kini wajibkan untuk memberi tahu tanggal lahir mereka.

Platform jejaring sosial Instagram resmi mengenalkan aturan baru yang di mana akan menanyakan tanggal lahir ke setiap penggunanya yang ingin membuat akun baru di platform tersebut.

“Dengan menanyakan informasi ini, Instagram dapat membantu mencegah orang yang belum cukup umur untuk bergabung dengan Instagram, menjaga agar para remaja menjadi lebih aman, dan secara garis besar memungkinkan Instagram menghadirkan pengalaman yang lebih sesuai dengan usia pengguna,” tulis keterangan Instagram yang diterima InfoKomputer.

Seperti yang sudah tertera pada “Ketentuan Penggunaan” yang dibuat Instagram, setiap pengguna harus berusia minimal 13 tahun untuk dapat memiliki akun di Instagram.

Lebih lanjut, Instagram berani menjamin bahwa tanggal ulang tahun pengguna tidak akan dapat dilihat oleh orang lain dan hanya bisa dilihat oleh pengguna itu sendiri di bagian informasi pribadi akun mereka.

Oh ya, jika pengguna telah menghubungkan akun Facebook ke akun Instagram, maka Instagram akan menambahkan tanggal lahir yang terdapat di profil Facebook tersebut.

Perlu diingat, kalau suatu saat pengguna mengedit tanggal lahir di Facebook, tanggal lahir di Instagram juga akan berubah.

Baca Juga: Fiturnya Sering Dijiplak Instagram, Snapchat: Kami Ingin Jadi Pionir

“Namun, bila pengguna tidak memiliki akun Facebook atau tidak menghubungkan akun Facebook dengan Instagram, pengguna dapat menambahkan atau mengedit tanggal ulang tahun mereka langsung di Instagram,” jelas keterangan dari Instagram.

Selain mengumumkan aturan tersebut, Instagram juga menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa saja yang dapat mengirimi mereka pesan (Direct Message/DM).

Intinya, para pengguna Instagram kini dapat mengatur supaya hanya orang yang mereka ikuti saja yang dapat mengirimkan pesan atau menambahkan pengguna tersebut ke dalam sebuah percakapan grup.

Dengan begitu, pengguna Instagram tidak akan lagi menerima pesan, permintaan pesan grup, atau balasan Stories dari orang-orang yang tidak mereka ikuti.

“Kedua pembaruan tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Instagram dalam memastikan layanannya tetap menjadi tempat yang aman dan mendukung komunitas Instagram, khususnya bagi para pengguna muda,” tulis keterangan Instagram.

Baca Juga: Begini Modus Penipuan Kacamata Ray Ban di Instagram yang Masuk ke RI