Find Us On Social Media :

Orang Indonesia Lebih Suka Dapat Berita Terbaru dari Video Online

By Adam Rizal, Minggu, 15 Desember 2019 | 09:30 WIB

Perhatikan! YouTube Gunakan 2 Cara ini untuk Uji Kualitas Konten Video

Berita dan informasi kini sangat mudah diakses melalui berbagai medium seperti televisi, berita online, hingga informasi dan berita dari video online.

Namun ternyata masyarakat Indonesia lebih suka mengakses informasi dan berita baru melalui Video Online.

Hal itu terungkap dari riset yang dilakukan Google. Selain tampak lebih atraktif, menerima informasi melalui video online juga mendorong penonton untuk lebih memahami informasi secara nyata dan eksklusif.

Dihimpun riset Google in Search 2019, informasi berita dan game telah menjadi dua kategori utama yang mendorong pertumbuhan ekonomi di bidang media dan hiburan di seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil riset Google, orang Indonesia lebih suka menghabiskan 1,2 kali lebih banyak waktu untuk menonton video online, daripada mengakses media sosial.

Sedangkan, 75 persen dari mereka lebih suka mengonsumsi berita online melalui YouTube sebagai saluran terfavorit mereka untuk menonton video berita. Google menyebutkan bahwa berita dan game adalah dua kategori utama pendorong pertumbuhan di bidang media dan hiburan di seluruh Indonesia.

Hal itu dibuktikan berdasarkan penelusuran pencarian Youtube. Kenaikan pencarian channel berita mengalami peningkatan 2,3 kali lipat lebih banyak dibandingkan pencarian kategori lainnya, sepanjang 2019 ini. Siapa konsumen terbanyak pencari berita melalui video online?

"85 persen Konsumen Gen Z paling banyak mengikuti berita harian secara online, sebagian besar lainnya memiliki smartphone untuk bermain game online," tulis Google dalam risetnya.

Adapun menurut polling online yang dikutip oleh Google dalam risetnya, 98,8 persen generasi Z yang online adalah para pengguna smartphone. Jumlah itu adalah 17,5 persen dari total jumlah pengguna smartphone di Indonesia.