Find Us On Social Media :

Dengan Artificial Intelligence, Polisi Bisa Mengetahui Kendaraan yang Belum Bayar Pajak

By Wisnu Nugroho, Senin, 16 Desember 2019 | 07:00 WIB

Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) kian beragam. Salah satu pemanfaatan menarik adalah memanfaatkan AI untuk mendeteksi kendaraan yang belum bayar pajak. Cara ini digunakan beberapa pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pendapatan melalui pajak kendaraan.

Secara teknologi, sistem ini mirip seperti e-tilang yang telah diterapkan saat ini. Seperangkat kamera pengawas ditempatkan di sebuah ruas jalan untuk mendeteksi plat nomor dari mobil maupun motor yang melintas. Plat nomor yang terbaca sistem kemudian dikirim dan dibandingkan dengan data pajak kendaraan bermotor. 

Jika mendeteksi adanya kendaraan yang belum membayar pajak, sistem secara otomatis akan mengirimkan notifikasi kepada petugas di lapangan. Petugas ini sendiri ditempatkan sekitar 500 meter setelah kamera pengawas, sehingga bisa langsung menghentikan kendaraan yang diduga belum membayar pajak tersebut. 

Petugas kemudian mengkonfirmasi apakah kendaraan tersebut belum membayar pajak. Jika memang belum, petugas bisa langsung menyerahkan tagihan pembayaran pajak kepada pengemudi.

Solusi pendeteksian kendaraan belum bayar pajak ini sendiri sudah pernah diuji coba di DKI Jakarta. Dari uji coba di beberapa titik ramai, Pemprov DKI berpotensi mendapatkan pemasukan pajak sampai Rp.114 miliar. Beberapa pemerintah daerah, seperti Pemprov Jawa Barat dan Banten, kabarnya juga sedang menjajaki solusi ini.

Solusi pengenalan plat nomor ini dikembangkan oleh Nodeflux, startup yang fokus pada pengembangan teknologi AI berbasis video. Solusi bernama License Plate Recognition ini diklaim dapat membaca plat nomor di berbagai kondisi cuaca dan pencahayaan. Kerennya lagi, waktu yang dibutuhkan untuk membaca plat nomor ini tak lebih dari satu detik.

Nodeflux sendiri sudah memiliki pengalaman panjang dalam membantu perusahaan maupun pemerintah daerah dalam memanfaatkan AI berbasis video. Contohnya di tahun 2018 lalu, ketika solusi Nodeflux digunakan untuk mengamankan perhelatan IMF dan World Bank di Bali. Mereka juga pernah membantu Jasa Marga dalam memberikan informasi ketersediaan tempat parkir di rest area saat mudik Lebaran tahun lalu.