Find Us On Social Media :

Hands-on Redmi 8: Desain Kekinian dengan Baterai Besar dan Harga Murah

By Dayu Akbar, Senin, 23 Desember 2019 | 08:00 WIB

Setelah meluncurkan Redmi Note 8 series, Xiaomi kembali meluncurkan seri yang lebih terjangkau melalui Redmi 8 series. Ada dua seri yang diluncurkan yaitu Redmi 8 dan Redmi 8A. Mengusung jargon "Hape Kece Batre Gede", keduanya menawarkan tampilan kekinian serta baterai yang tangguh. Tidak hanya itu, keduanya ditawarkan dengan harga terjangkau sesuai dengan segmen yang dituju yaitu entry level.Untuk Redmi 8, smartphone ini merupakan seri dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding Redmi 8A. Namun keduanya punya system-on-chip yang sama yaitu Snapdragon 439 octa-core dengan frekuensi 2.0GHz. Layarnya juga sama, yaitu berukuran 6,22 inci yang punya resolusi HD+ dengan aspect ratio 19:9. Seperti disebut sebelumnya, keduanya sudah terpasang Gorilla Glass. Tidak ketinggalan disematkan desain dot drop untuk kamera depannya.

Dimensinya pas dan nyaman digenggam, bahkan dengan pengguna yang memiliki tangan tidak besar. Bagian belakang Radmi 8 punya lapisan polished dan glossy yang masih membuatnya mudah kotor oleh bercak tangan atau sidik jari. Bidik generasi milenial yang dinamis, bodi belakangnya hadir dengan pilihan warna Onyx Black, Shappire Blue, dan Rubby Red.

Jika Redmi 8A punya satu kamera belakang, maka Redmi 8 memiliki dua kamera utama dan berdekatan dengan sensor sidik jari. Posisinya disusun secara vertikal dan ditempatkan tepat di tangah bodi belakang. Untuk lampu led flash ditempatkan di bagian atas frame kamera utama ini.

Dari sisi kamera, Redmi 8 punya dua kamera belakang dengan resolusi masing-masing 12 MP dan 2 MP. Untuk kamera depannya punya resolusi 8 MP. Aplikasi kamera menyertakan pilihan seperti Short Video, Video, Photo, Portrait, dan Pro. Menariknya pilihan Pro terdapat pengaturan manual yang terdiri dari Whote Balance, Autofocus, Shutter speed, dan ISO.

Penempatan tombol tidak berbeda dengan kebanyakan dimana tombol Volume dan Power ada di sisi kanan. Sedangkan untuk slot kartu SIM dan microSD ada di sisi kiri. Kompartemen untuk kartu bisa terpasang maksimal hingga dua kartu SIM dan kartu microSD. Untuk sisi bawahnya terdapat audio jack 3.5mm, lubang reset, port USB type-C, dan speaker.

Meski memiliki bataerai besar tidak membuat bobotnya berat karena Redmi 8 hanya memiliki berat 190 gram saja. Baterainya sudah mendukung fitur fast charging dengan teknologi Quick Charge 3.0 yang dilengkapi adapter 18 watt. Selain sensor fingerprint, terdapat pula fitur pengenalan wajah untuk pengamanan.Redmi 8 punya dua varian yang dibedakan dari kapasitas RAM 3GB + ROM 32GB dan RAM 4GB + ROM 64GB, masing-masing harganya Rp1.699.000 dan Rp1.799.000. Yang menarik, semua varian Redmi 8 series memiliki masa garansi selama 2 tahun yang diklaim sebagai yang pertama di dunia.