Find Us On Social Media :

Tips Supaya Lokasi iPhone Anda Tidak Bisa Dilacak

By Adam Rizal, Senin, 23 Desember 2019 | 15:30 WIB

Ilustrasi Keamanan iPhone

Apple telah menggulirkan pembaruan iOS 13 pada 19 September 2019 yang mengutamakan aspek keamanan. Perusahaan asal Cupertino ini telah menyematkan fitur berupa peringatan aplikasi apa saja yang bisa melacak lokasi pengguna.

Notifikasi akan muncul secara otomatis ketika ada aplikasi yang melacak lokasi pengguna. Selain lokasi, fitur yang menjalankan VoIP kendati saat aplikasi sedang tidak digunakan.

Apple juga menyematkan fitur pengaturan VoIP yang membantu pengguna memberikan izin saat mengaktifkannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari aksi pencurian data yang tersimpan dalam ponsel.

Dilansir CNBC, untuk melihat fitur apa saja yang melacak lokasi Anda, buka 'Settings' atau Pengaturan lalu ketuk 'Privacy' (Privasi) kemudian gulir ke bawah dan pilih 'System Services' atau Layanan Sistem.

Setelah itu Anda disuguhkan dengan daftar lengkap fitur yang dapat melacak keberadaan Anda. Namun, perusahaan memberi tanda 'panah ungu' pada fitur yang akan melacak lokasi Anda dalam kondisi tertentu.

Jika fitur disematkan tanda 'panah abu-abu' maka fitur itu telah mencatat lokasi Anda dalam 24 jam.

Meski begitu, Anda mesti bijak saat ingin menonaktifkan pelacakan. Sebab, ada fitur tertentu seperti Apple Maps yang harus mengkonfigurasikan kompas dengan benar.

Sebelumnya, sejumlah pengguna iPhone mengeluhkan ponsel mereka melacak lokasi setiap saat.

Juru Bicara Apple Trudy Muller pun berdalih pihaknya terus berupaya untuk melindungi privasi para penggunanya.

"Kami terus bekerja dengan pengembang dan menerima umpan balik mereka tentang cara membantu melindungi privasi pengguna, sambil menyediakan alat yang dibutuhkan pengembang untuk membuat pengalaman aplikasi terbaik," kata Muller seperti dikutip The Washington Post.