Find Us On Social Media :

Hadapi Era New Retail, Krispy Kreme Terapkan Teknologi Digital Kiosk

By Rafki Fachrizal, Senin, 23 Desember 2019 | 16:15 WIB

Memasuki era "new retail", satu per satu brand (merek) dari berbagai industri yang ada di Indonesia mulai menunjukkan inovasi berbasis teknologi yang tujuannya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan bisnis mereka di masa depan.

Seperti Krispy Kreme misalnya. Baru-baru ini, perusahaan doughnut (donat) asal Negeri Paman Sam tersebut baru saja meresmikan gerai terbarunya di Tanah Air yang berlokasi di Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat.

Berbeda dari gerai-gerai yang sudah ada sebelumnya, di gerai ini ada salah satu unsur teknologi yang disematkan yaitu Smart Kiosk.  

Smart Kiosk sendiri adalah sebuah perangkat berupa layar interaktif yang memungkinkan setiap pelanggan untuk melakukan pemesanan secara self service (pelayanan mandiri).

Dengan adanya Smart Kiosk ini, pelanggan Krispy Kreme di gerai Harapan Indah bisa langsung memesan doughnut tanpa harus repot mengantri di kasir.

Keunggulan lainnya, selain varian doughnut standar, Smart Kiosk ini juga menyediakan fitur costum yang memungkinkan pelanggan untuk memesan doughnut dengan isi atau topping yang sesuai dengan keinginan mereka.

Tidak sampai di situ, dari sisi sistem pembayaran, Smart Kiosk ini menyediakan berbagai metode pembayaran yang memudahkan pelanggannya.

Baca Juga: Pakar IT Hera Kitwan Siu Resmi Ditunjuk Goodyear Menjadi Dewan Direksi

“Pemesanan melalui Smart Kiosk ini dapat menggunakan beberapa metode pembayaran yakni melalui kartu kredit, kartu debit atau pun GoPay,” ujar Anthony Cottan, Presiden Direktur, PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (Perusahaan yang menaungi Krispy Kreme Indonesia).

Selain menerapkan teknologi Smart Kiosk, gerai Krispy Kreme ini juga merupakan gerai pertamanya yang mengusung konsep factory store.

Dengan konsep tersebut, setiap pelanggan berkesempatan untuk melihat langsung proses dari pembuatan doughnut Krispy Kreme melalui Doughnut Theater.

“Pada saat doughnut sedang diproduksi, lampu Hot Light yang terletak di depan Doughnut Theater akan menyala, menandakan seluruh produk Krispy Kreme sedang dibuat,” kata Anthony.

Dengan inovasi yang dilakukan Krispy Kreme, setidaknya terlihat bahwa perusahaan ini telah siap menyambut era new retail.

Ke depannya, diprediksi akan semakin banyak perusahaan di Indonesia yang akan menerapkan teknologi-teknologi terkini demi menyambut era tersebut.

Baca Juga: NomadicAds Manfaatkan Ojol untuk Tampilkan Iklan Berbasis Video