Find Us On Social Media :

Sambut Tahun Baru, Traveloka Ungkap Tren Wisata di Sepanjang 2019

By Indah PM, Rabu, 1 Januari 2020 | 13:00 WIB

Ilustrasi Traveloka

Di penghujung tahun 2019, Traveloka merilis tren perjalanan dan gaya hidup terkini yang menjadi favorit pengguna. 

Dionisius Nathaniel (CMO Traveloka) menyebut bahwa, seluruh produk dan layanan terbaru yang mereka tawarkan kepada para pengguna berangkat dari komitmen Traveloka untuk menghadirkan solusi atas kendala yang dialami oleh pengguna, terkait perjalanan dan gaya hidup.

"Kami juga melakukan analisis mendalam terkait perilaku pengguna dan target audience kami sebelum meluncurkan suatu produk, untuk memastikan bahwa produk yang tersedia di platform kami tepat guna,” ujar Dionisius.

Menyambut akhir tahun, Traveloka membagikan beberapa insight menarik terkait perilaku wisatawan dalam merencanakan perjalanan serta informasi mengenai destinasi, atraksi dan kuliner favorit selama tahun 2019 yang dihimpun dari data internal.

Perencanaan perjalanan pada umumnya dimulai dengan tahap perencanaan awal (sejak ide muncul), persiapan (mencari informasi melalui internet atau bertanya rekomendasi kepada orang terdekat, hingga melakukan pemesanan).

Menentukan moda transportasi menjadi tahap pertama ketika mengatur rencana perjalanan, diikuti dengan menyusun agenda, menentukan penginapan, hingga membeli tiket atraksi di destinasi. Adanya program promosi atau penawaran khusus, menjadikan pengguna menjadi lebih impulsif dalam merencanakan perjalanan.

Untuk pembelian tiket pesawat dengan destinasi internasional, rata-rata pengguna akan memesan tiket sejak 2 minggu hingga 3 bulan sebelum hari keberangkatan. Sedangkan untuk tujuan domestik, mayoritas pengguna memesan tiket pesawat paling tidak 3 hari sebelum keberangkatan.

Sementara itu, 10 destinasi domestik paling populer tahun 2019 (berdasarkan pemesanan produk Tiket Pesawat) meliputi Jakarta, Surabaya, Makassar, Denpasar, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Palembang, Semarang, dan Batam. Sedangkan 10 destinasi internasional paling populer, meliputi Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Australia, Cina, Hong Kong, Vietnam, Korea Selatan, dan Filipina.

Untuk moda transportasi kereta, 10 destinasi domestik paling populer tahun 2019 meliputi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Cirebon, Malang, Purwokerto, Solo, dan Bekasi. Untuk moda bus, 10 destinasi domestik paling populer meliputi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Tangerang, Bekasi, Denpasar, Solo, dan Malang.

Terungkap juga 7 atraksi internasional yang paling banyak dikunjungi selama tahun 2019, meliputi Universal Studio Singapore, Gardens by the Bay Singapore, Aquaria KLCC Malaysia, LEGOLAND Malaysia, Hong Kong Disneyland, Tokyo Disneyland, dan S.E.A Aquarium Singapore.

Untuk domestik, 7 atraksi yang paling banyak dikunjungi selama tahun 2019 meliputi Jatim Park, Ancol, Snowbay Waterpark, Jakarta Aquarium, Jungleland, Waterbom Bali, dan Floating Market Lembang. 

Traveloka juga telah memperkenalkan Traveloka Xperience di Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Singapura. Traveloka Xperience memiliki lebih dari 15.000 inventori terbaik yang tersebar di 60 negara. Selain Traveloka Xperience, Traveloka juga menghadirkan Traveloka Eats yang saat ini sudah bermitra dengan lebih 6.500 merchant di 38 kota di Indonesia untuk menegaskan posisinya di sektor gaya hidup.

Lebih jauh, Traveloka juga melebarkan lini produknya ke sektor jasa keuangan, termasuk asuransi dengan berbagai pilihan kategori produk asuransi, termasuk Asuransi Perjalanan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, Asuransi Properti, dan Asuransi Jiwa.

"Pengguna akan selalu menjadi fokus utama kami dalam mengembangkan produk, fitur, dan layanan Traveloka, sejalan dengan misi kami untuk selalu memberikan pengalaman terbaik dan menyeluruh yang mencakup perjalanan, gaya hidup dan jasa keuangan,” tutup Dionisius.