Find Us On Social Media :

Hands-on Xiaomi Mi Note 10 Pro: Desain Flagship, Harga Menengah

By Dayu Akbar, Minggu, 5 Januari 2020 | 14:00 WIB

Xiaomi telah resmi meluncurkan Mi Note 10 Pro untuk pasar Indonesia. Dengan harga yang tidak terlalu mahal untuk smartphone flagship, Mi Note 10 Pro ini menawarkan beberapa keungulan sebagai daya tariknya, diantaranya lima kamera belakang dengan resolusi maksimal 108 MP. Secara fisik, Mi Note 10 Pro ini memang terlihat menggunakan desain yang lebih menarik dibanding seri Redmi. Ini jelas, karena kasta seri Mi memang lebih tinggi dibanding Redmi. Xiaomi sendiri menyebutkan bahwa Mi Note 10 Pro ini sebagai smartphone flagship, jadi tidak heran jika desain juga menjadi hal yang mengalami peningkatan dibanding seri Redmi.Desainnya memang terlihat keren. Namun sekilas kami melihat desainnya sedikit mirip dengan beberapa flagship lain. Misalnya saja dari tampilan layar. Mi Note 10 Pro memiliki desain layar yang bisa dibilang agak mirip dengan Samsung Galaxy S7 Edge atau Galaxy S8. Ini terlihat pada bagian layar sisi kiri dan kanan yang melengkung. Namun yang agak berbeda dengan flagship Samsung tadi, sisi layarnya tidak penuh dan masih menyisakan sedikit bezel.

Layarnya sudah pakai panel AMOLED, jadi tampilan terlihat lebih cerah dan tajam. Panel ini juga memungkinkan Mi Note 10 Pro menggunakan sensor sidik jari di dalamnya. Dengan ukuran layar 6,47 inci, ukurannya jadi terlihat lebih luas tapi tetap enak digenggam. Untuk kamera selfie, ditempatkan di area notch dengan desain dot drop.Bagian belakang juga sedikit memiliki kemiripan dengan salah satu seri smartphone milik Huawei, terutama pada warna hijau atau xiaomi menyebutnya dengan aurora green. Bodinya menggunakan desain 3D curved, jadi tiap sudut di bikin melengkung sehingga terlihat lebih dinamis dan tidak kaku. Sebagai seri flagship, bodinya memiliki build quaility yang leih baik. Bagian depan dan belakang sudah menggunakan lapisan kaca yang terlindung Corning Gorilla Glass 5, jadi tidak perlu kuatir tergores.

Lima kamera yang ada di belakang di susun secara vertikal dengan penempatan yang terpisah. Untuk tiga kameranya berada dalam satu frame yang menonjol. Tiga kamera ini terdiri dari 5 MP telephoto, 12 MP portrait, dan 108 MP wide angle. Dan satu kamera lagi terpisah merupakan kamera 20 MP ultra wide angle. Dibawahnya masih ada satu kamera berukuran paling kecil yang merupakan kamera 2 MP untuk mode makro. Disebelah frame kamera, ada dua lampu flash berjajar ke bawah.

Untuk penempatan tombol dan konektivitas, sisi kanan ada tombol Power dan Volume. Bagian bawah terdapat speaker mono, lubang reset, port USB type-C, dan jack audio. Di sisi atas ada infra red blaster yang bisa digunakan sebagai remote control untuk perangkat elektronik seperti AC atau TV. Sisi kiri terdapat slot kartu SIM yang tidak mendukung kartu MicroSD. Jadi pengguna hanya bisa memanfaatkannya untuk memasang hingga dua kartu SIM saja.