Find Us On Social Media :

ICION Conference 2020, Ajang CIO Indonesia Berbagi Pengalaman

By Wisnu Nugroho, Senin, 13 Januari 2020 | 14:10 WIB

ICION adalah komunitas IT Leader perusahaan Indonesia yang menjadi wadah berbagi pengalaman implementasi teknologi

 

Di era ekonomi digital seperti saat ini, perusahaan Indonesia dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam mendorong bisnisnya. Namun transformasi digital ini menjadi tidak mudah di tengah dinamika bisnis yang terus berubah dan kemajuan teknologi yang demikian cepat.

Tantangan inilah yang mendorong IT Leaders atau petinggi TI perusahaan Indonesia untuk mendirikan komunitas bernama Indonesia CIO Network (ICION). Komunitas ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi petinggi TI perusahaan Indonesia untuk saling berbagi cerita dan pengalaman demi kemajuan bersama.

“Fungsi ICION ini pada intinya tempat berbagi pengalaman dari seluruh anggota komunitas saat mengadopsi teknologi di perusahaan masing-masing. Dengan begitu, anggota komunitas ICION bisa mendapat insight bermanfaat dan tidak perlu mengalami jatuh-bangun saat mengadopsi teknologi tersebut,” ungkap Danny Natalies, Corporate IT PT. Kalbe Farma yang juga salah satu anggota Advisory Board ICION. 

“Fungsi ICION ini pada intinya tempat berbagi pengalaman dari seluruh anggota komunitas saat mengadopsi teknologi di perusahaan masing-masing" Danny Natalies (Corporate IT PT. Kalbe Utama)

Pengalaman para IT Leader ini menjadi penting karena berdasarkan pengalaman sendiri. Pasalnya selama ini, arus komunikasi terkait teknologi banyak didorong oleh vendor atau pemilik teknologi yang sedikit banyak memiliki bias dalam menyampaikan informasi.

ICION Conference 2020

Salah bentuk kegiatan yang akan dilakukan komunitas ICION adalah ICION Conference yang akan berlangsung 3-5 Maret 2020 di Nusa Dua, Bali. Pada acara ini, akan berkumpul sekitar 70-80 IT Leader (seperti Senior Managers, GM, VP, CXO, atau Director) dari berbagai perusahaan di Indonesia dan juga Asia Tenggara. 

Acara ini juga akan melibatkan para penyedia solusi teknologi yang diharapkan dapat membantu perusahaan Indonesia menjawab tantangan yang saat ini.

Yudhi Hamka (CTO MNC Group), salah satu IT Leader yang akan berbagi di acara ICION Conference 2020

Salah satu pembicara yang akan berbagi pengalaman adalah Yudhi Hamka (CTO MNC Group). Yudhi akan bercerita mengenai transformasi digital yang saat ini dilakukan MNC Group, utamanya dalam mendorong inovasi di perusahaan yang bergerak di banyak industri ini. “MNC Group saat ini sudah banyak bertransformasi menjadi digital media dan juga fintech, yang tentunya bisa jadi masukan atau benchmark bagi digitalisasi di Indonesia,” ungkap Yudhi. 

Salah satu pengalaman menarik yang akan dibagi Yudhi adalah saat membangun MNC Innovation Center, pusat inovasi pengembangan platform digital MNC Group. “Tujuan Innovation Center ini adalah mempercepat akselerasi transformasi digital di masing-masing unit,” ujar Yudhi. Nantinya inovasi yang muncul dari Innovation Center akan diteruskan oleh tim TI di masing-masing unit MNC Group, sehingga inovasi terus bergulir dan menjawab permasalahan di masing-masing business unit

Dari ajang pertemuan ICION Conference 2020, Yudhi juga berharap akan muncul inisiatif kolaborasi antar perusahaan. “Saat ini banyak digital products yang akan kami bangun, sehingga terbuka peluang kolaborasi di beberapa bidang seperti machine learning atau artificial intelligence,” tambah Yudhi.

Jika tertarik mengikuti ICION Conference 2020, Anda bisa mendaftar di sini.