Find Us On Social Media :

Demi Meningkatkan Layanannya, F5 Networks Akan Akusisi Shape Security

By Rafki Fachrizal, Jumat, 17 Januari 2020 | 11:00 WIB

Ilustrasi Keamanan SIber

Penyedia layanan untuk aplikasi multi cloud, F5 Networks, mengumumkan akan mengakuisisi seluruh saham milik Shape Security dengan nilai sekitar US$1 miliar.

Shape sendiri merupakan perusahaan keamanan yang menciptakan botwall pertama di dunia pada 2011. Hingga kini, Shape telah melindungi perusahaan-perusahaan besar di dunia dari berbagai bentuk penipuan di aplikasi online.

Lewat akuisisi ini, nantinya akan memadukan kemampuan F5 dalam melindungi aplikasi di seluruh lingkungan multi-cloud dengan kemampuan Shape dalam mencegah penipuan dan penyalahgunaan untuk mentransformasi keamanan aplikasi.

“Dengan Shape, kami akan menciptakan proteksi end-to-end pada aplikasi sehingga aplikasi yang menciptakan pemasukan dan manjadi jangkar bagi sebuah merek akan terlindungi mulai dari saat pembuatan hingga digunakan untuk berinteraksi oleh pelanggan - mulai dari penulisan program (code) hingga ke pelanggan,” ujar Presiden dan CEO F5, François Locoh-Donou.

Sementara itu, terkait dengan akuisisi ini, Derek Smith selaku co-founder dan CEO Shape “F5 menyediakan pengaturan arus lalu lintas data yang optimum untuk solusi penipuan dan penyalahgunaan online milik Shape. Dengan dikombinasikan dengan skala pasar global yang dimiliki F5, berarti kami bisa bersama-sama melindungi aplikasi pelanggan dan pengguna secara lebih banyak dari serangan canggih dan lalu lintas jahat.”

Lebih lanjut, akuisisi ini telah disetujui oleh Dewan Direksi F5 dan Shape. Akuisisi masih harus disetujui oleh pihak otoritas dan syarat-syarat penutupan transaksi pada umumnya. Transaksi ini diharapkan bisa selesai pada kuartal pertama 2020.

Begitu proses akuisisi tuntas, Derek Smith dan team kepemimpinannya akan bergabung di F5 dalam posisi-posisi manajemen penting. Shape akan tetap bermarkas di tempat mereka saat ini yaitu di Santa Clara.

Dari akusisi ini, F5 berharap untuk mencapai titik impas laba per saham (earning per share/EPS) non-GAAP dalam 24 bulan setelah akuisisi dirampungkan dan mengantisipasi bahwa penggabungan kedua perusahaan tersebut akan meningkatkan nilai saham perusahaan (accretive) berupa aliran dana per lembar saham dalam 12 bulan setelah kesepakatan diteken.