Find Us On Social Media :

Contoh Keberhasilan Alibaba Cloud Mendorong Transformasi Digital Perusahaan Indonesia

By Dayu Akbar, Jumat, 17 Januari 2020 | 15:00 WIB

Sejak masuk ke pasar Indonesia di tahun 2016, Alibaba Cloud berhasil menancapkan eksistensi mereka di pasar cloud tanah air. Sudah banyak perusahaan Indonesia yang memanfaatkan Alibaba Cloud dalam mempercepat transformasi digital di perusahaan mereka.

Fakta itulah yang menjadi salah satu highlight Alibaba Cloud Day Indonesia 2020 yang berlangsung Kamis (16/1) kemarin. Pada acara tersebut, hadir lebih dari 2.000 perwakilan organisasi industri, termasuk pemangku kepentingan, developers, serta petinggi TI dari perusahaan skala enterprise, UKM, dan start-up.

Keberhasilan solusi hybrid Alibaba Cloud bisa tercermin dari pengalaman perusahaan Indonesia yang telah menggunakan solusi mereka. Contohnya Adira Finance yang menempatkan aplikasi bisnis pentingnya di Alibaba Cloud guna mempercepat ekspansi bisnis dengan biaya yang efisien. Hasilnya, Adira Finance mendapatkan penurunan latensi yang signifikan tercatatkan di portal bisnis online-nya.Sementara JNE Express memilih Alibaba Cloud untuk mengelola manajemen data di cloud. Alibaba Cloud juga menjadi tulang punggung layanan keamanan untuk aplikasi utama JNE Express, seperti mobile apps My JNE. Berkat komputasi elastis Alibaba Cloud, JNE mengaku dapat meningkatkan atau menurunkan kapasitas berdasarkan volume real-time pengerjaan pengiriman. Hal ini memungkinkan JNE menangani permintaan pada saat peak-time dengan jauh lebih efektif.Begitu pula dengan MNC Group yang memanfaatkan solusi media Alibaba Cloud yang mencakup penyimpanan cloud, jaringan, keamanan, dan layanan SMS untuk memastikan pengalaman menonton yang lancar bagi penonton bahkan saat peak time. 

Salah satu fitur Alibaba Cloud yang sangat membantu MNC Group adalah live-streaming “ApsaraVideo Live”. Fitur ini digunakan untuk siaran langsung dengan teknologi definisi tinggi narrowband. Selama Asian Games 2019 Asia Tenggara, jaringan global Alibaba Cloud dan ApsaraVideo Live mendukung MNC dengan dilangsungkannya live streaming seluruh pertandingan.

Agar semakin banyak perusahaan Indonesia dapat merasakan layanan mereka, Alibaba Cloud pun berinisiatif membuat Partner Alliance Program. Program ini melibatkan lebih dari 40 mitra ekosistem, termasuk di dalamnya dua perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu Indosat Ooredoo dan Telkom Indonesia.

Adapun aliansi ini ditujukan untuk mempromosikan adopsi pengunaan cloud dan intelegensi data pada berbagai macam bisnis dengan berbagai skala.