Find Us On Social Media :

Berani Jamin Keamanan Acara TV, Alibaba Cloud Raih Sertifikasi TPN

By Indah PM, Rabu, 22 Januari 2020 | 09:00 WIB

Alibaba Cloud

Alibaba Cloud, yang juga tulang punggung intelijen data Alibaba Group, mengumumkan pencapaiannya sebagai penyedia cloud publik pertama di dunia yang memperoleh sertifikasi bergengsi Trusted Partner Network (TPN).

Sertifikasi ini otomatis memvalidasi kepercayaan industri hiburan terhadap keamanan dan keandalan Alibaba Cloud sebagai penyedia layanan cloud.

Dengan pesatnya perubahan kebiasaan konsumsi dalam menonton, platform penyiaran senantiasa berubah untuk menyesuaikan diri, dan teknik-teknik produksi baru bermunculan secara global.

Di sinilah peran Alibaba Cloud melalui dukungannya untuk industri hiburan, merevolusi cara kerjanya dengan menawarkan platform berbasis cloud yang menjanjika tingkat keamanan, keandalan dan skalabilitas yang tinggi.

TPN merupakan joint venture antara dua asosiasi industri hiburan terbesar, Motion Picture Association of America (MPAA) dan Content Delivery & Security Association (CDSA).

Tujuan TPN adalah untuk membantu pelaku usaha dalam memastikan keamanan konten, mencegah kebocoran informasi, pelanggaran, dan peretasan film maupun acara TV sebelum dirilis. Hal ini dilakukan dengan membuat direktori tunggal, terpusat, dan global, berisi daftar mitra-mitra yang terpercaya.

Sertifikasi ini sangat penting, karena para produser konten dapat memastikan bahwa Alibaba Cloud telah melaksanakan praktik industri yang terbaik, dimana solusi, fasilitas, sumber daya manusia, dan cara kerjanya telah disertifikasi oleh para evaluator industri yang berpengalaman.

Untuk mendapatkan penghargaan bergengsi ini, Alibaba Cloud harus menjalani proses audit dan evaluasi yang sangat ketat. Sejumlah solusi Alibaba yang sesuai dengan industri hiburan telah diujikan, termasuk Object Storage Service (OSS), Express Connect, Cloud Storage Gateway, dan Key Management Service. Masing-masing solusi Alibaba Cloud yang telah diaudit ini, dinyatakan lulus uji TPN.

“Dengan keberhasilan menyelesaikan proses audit langsung dari Trusted Partner Network, Alibaba Cloud menunjukan kemampuannya yang matang dalam mengamankan konten media melalui kapabilitas fasilitas dan infrastrukturnya. Sebagaimana tren produksi media telah kian bergeser pada penggunaan platform cloud publik, penting bagi vendor-vendor seperti Alibaba Cloud untuk memprakarsai inovasi yang akan mendorong kemajuan industri hiburan di era digital,” kata Drew Branch (Senior Security Consultant di Independent Security Evaluators).

Sertifikasi TPN tidak hanya merupakan pengakuan atas berbagai upaya Alibaba Cloud dalam menghadirkan tingkat keamanan yang berstandar tinggi, sertifikasi ini juga mengakui keandalan, fleksibilitas dan skalabilitas platform berbasis cloud Alibaba.

Selain itu, sebagai vendor cloud publik pertama yang diakreditasikan oleh sertifikasi Trusted Partner Network, penghargaan ini semakin memperkuat posisi terdepan Alibaba Cloud, serta solusinya yang terbukti dapat memenuhi kebutuhan industri hiburan.