Find Us On Social Media :

Arab Saudi Bantah Putra Mahkotanya Bajak Hape CEO Amazon Jeff Bezos

By Adam Rizal, Rabu, 22 Januari 2020 | 15:30 WIB

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman

Beredar isu putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman disebut-sebut meretas ponsel orang terkaya dunia, Jeff Bezos. Tudingan itu langsung dibantah oleh pihak kerajaan.

Menurut Guardian, peretasan terjadi Mei 2018 kala Bezos menerima pesan WhatsApp terenkripsi dari nomor sang Putra Mahkota.

Pesan tersebut berisikan file video yang disimpulkan analis forensik mengandung malware yang mentransfer data dalam jumlah besar dari ponsel Bezos.

Pihak Arab Saudi menyatakan kabar bahwa mereka mengincar ponsel sang pemilik Amazon merupakan sesuatu yang absurd.

"Laporan terkini media bahwa Kerajaan berada di balik hacking ponsel Mr Jeff Bezos adalah absurd," sebut Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat di Twitter seperti dikutip Reuters.

"Kami meminta investigasi terhadap klaim tersebut sehingga kami bisa memiliki seluruh faktanya," tambah mereka.

Sedangkan pihak Amazon tidak mengeluarkan pernyataan apapun. Guardian sendiri tidak memiliki informasi data apa yang diambil dari ponsel milik bos Amazon itu.

Namun selang lima bulan setelah Bezos menerima pesan itu, kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi yang begitu kritis terhadap pemerintah Arab Saudi dibunuh di Istanbul.

Dan hanya beberapa bulan kemudian pesan teks dan gambar yang dikirimkan Bezos ke selingkuhannya, mantan pembawa acara televisi Lauren Sanchez diterbitkan oleh media National Enquirer.