Find Us On Social Media :

Smartphone dengan OS di Bawah Ini Bakal Tidak Bisa Jalankan WhatsApp

By Rafki Fachrizal, Kamis, 30 Januari 2020 | 18:00 WIB

Ilustrasi WhatsApp

Mulai 1 Februari 2020 nanti, sejumlah jenis smartphone dengan sistem operasi (OS) lawas dipastikan tidak bisa menjalankan aplikasi pesan instan WhatsApp.

Berdasarkan informasi di blog resminya, untuk mengatasi hal tersebut WhatsApp menyarankan para penggunanya, baik perangkat Android atau iOS, untuk melakukan pembaharuan sistem operasi.

Untuk pengguna perangkat iOS, WhatsApp menyarankan penggunanya untuk melakukan pembaruan ke iOS 9 atau lebih tinggi.

Sedangkan untuk pengguna Android, WhatsApp menyarankan penggunanya untuk melakukan pembaharuan sistem operasi ke versi 4.0 Ice Cream Sandwich atau di atasnya.

“Karena kami tidak lagi mengembangkan secara aktif untuk sistem operasi tersebut, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja,” tulis keterangan WhatsApp.

Selain akan menghentikan dukungan terhadap perangkat Android dan iOS bersistem operasi lawas, WhatsApp sebenarnya juga telah menghentikan dukungan untuk perangkat Windows Phone sejak 31 Desember 2019 lalu.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Cegah Orang Undang Anda ke Grup WhatsApp

Cek Sistem Operasi Smartphone Anda Sekarang

Untuk mengetahui apakah smartphone Android atau iOS yang sedang Anda gunakan terdampak akan keputusan tersebut, Anda bisa mengecek sistem operasi smartphone Anda dengan melakukan langkah berikut.

Android: Klik Settings > About Phone/About Device > Android Version.

iOS: Klik Settings > Apple ID > Your iPhone. Versi iOS akan terlihat di menu Device Info.

Perlu dingat, cara di atas mungkin akan berbeda untuk merek smartphone tertentu, khususnya yang memiliki sistem operasi Android.

Jadi, jika sistem operasi Anda masih memiliki versi yang lebih rendah dari yang awal telah InfoKomputer jelaskan, alangkah baiknya Anda segera memperbaharuinya.

Baca Juga: WhatsApp CEO Amazon Jeff Bezos Diretas, Facebook Malah Salahkan Apple