Find Us On Social Media :

YouTube Bakal Gratiskan Iklan yang Ditonton Kurang dari 30 Detik

By Adam Rizal, Jumat, 31 Januari 2020 | 09:30 WIB

Youtube Mulai Buka Pesan Slot Iklan Politik untuk Pemilu AS 2020

Iklan di YouTube dengan durasi panjang menjadi fenomena dalam beberapa tahun belakangan.

Namun Google menegaskan, pengiklan tidak akan dikenakan biaya jika iklan tersebut ditonton kurang dari 30 detik.

Sebagaimana diungkapkan oleh Creative Lead Google Indonesia, Ishak Reza yang menyebut bahwa meningkatnya kreativitas konsep iklan di Indonesia membuat semakin banyak orang yang menonton iklan YouTube, meski durasinya terbilang panjang.

Meski demikian, Reza mengatakan bahwa pihak pengiklan tidak dikenakan biaya alias gratis jika penonton tidak melihat iklan tersebut dalam waktu kurang dari 30 detik.

"Kita memang sangat fair, dalam arti kalau misalnya mereka (penonton) gak nonton iklan sampe 30 detik, mau berapa pun durasinya, pemasang iklan gak usah bayar", ungkap Reza di acara jumpa media di Jakarta.

Reza juga berharap bahwa nantinya kualitas iklan-iklan di Youtube bisa dinikmati layaknya konten video pada umumnya. Karena itu Reza menyebut kreativitas adalah kuncinya.

"Dengan kreativitas yang berkembang ini, orang semakin banyak nonton bahkan iklan yang durasinya panjang itu menjadi fenomena yang kita lihat beberapa tahun terakhir" ujar Reza.

Sebagai contoh adalah iklan GoPay yang dibintangi oleh Pevita Pearce. Iklan dengan durasi 2 menit itu berhasil menggaet perhatian penonton dan menjadi perbincangan di media sosial.

"Jadi makanya kreatif itu penting, supaya yang beriklan di kita juga makin untung," kata Reza.

Dikatakan untung karena dari setiap brand, ketika tingkat kreativitasna semakin bagus, maka angka yang mereka bayar ke YouTube justru makin kecil. Hal ini dinilai Reza dapat mengurangi cost dari pihak pengiklan tersebut.

"Jadi istilahnya kalo di kita, makin banyak yang nonton, artinya mereka (pengiklan) malah makin untung dari segi cost", pungkas Reza.