Find Us On Social Media :

Plantronics BackBeat PRO 5100, Sensor Pintar dan Peredaman Suara

By Cakrawala, Kamis, 6 Februari 2020 | 19:00 WIB

Berbeda dengan beberapa headset terakhir Plantronics yang hadir di InfoKomputer, BackBeat PRO 5100 bukanlah perangkat yang ditujukan untuk digunakan ketika berolahraga. Plantronics BackBeat PRO 5100 ditujukan untuk menikmati hiburan dan juga melakukan komunikasi. Namun, Plantronics mengklaim BackBeat PRO 5100 tahan debu, tahan keringat, dan memiliki IP rating berupa IPX4. Pengguna tidak perlu khawatir Plantronics BackBeat PRO 5100 mudah rusak terkena debu, keringat, maupun cipratan air tawar.

Merupakan headset true wireless dengan form factor menyerupai in-ear headphone, Plantronics BackBeat PRO 5100 hadir dengan tiga pasang eartip berukuran berbeda. Pemilihan ukuran eartip yang tepat tentunya akan memengaruhi kualitas reproduksi suara Plantronics BackBeat PRO 5100 yang didengar oleh pengguna, termasuk perihal peredaman terhadap suara sekitar. Selain kemampuan meredam suara sekitar, Plantronics BackBeat PRO 5100 juga memiliki fitur noise cancelling yang akan membuat suara pengguna terdengar jelas oleh lawan bicara ketika melakukan panggilan maupun menjawab telepon. Fitur noise cancelling tersebut memanfaatkan empat mikrofon dan ditemani teknologi WindSmart yang mendeteksi angin di sekitar dan melakukan respons yang diperlukan.

Dengan dimensinya yang tidak besar, Plantronics BackBeat PRO 5100 lebih “aman” dibawa bepergian dengan casing yang disertakan di paketnya. Casing itu pun dilengkapi dengan baterai isi ulang sehingga bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai isi ulang Plantronics BackBeat PRO 5100 tatkala jauh dari jala-jala. Baterai 60 mAh Plantronics BackBeat PRO 5100 sendiri diklaim bisa bertahan sampai 6,5 jam bila headset ini digunakan mendengarkan lagu atau suara lain, sedangkan baterai 440 mAh di casing-nya bisa memberikan tambahan waktu sampai 13 jam. 

Terdapat pula sensor pintar di Plantronics BackBeat PRO 5100 yang akan mendeteksi apakah pengguna melepas headset bersangkutan dari telinga maupun memasangkannya kembali. Dengan sensor tersebut, Plantronics BackBeat PRO 5100 misalnya akan menghentikan sementara konten yang sedang diputar ketika pengguna melepasnya dari telinga; pengguna tidak perlu menekan tombol pause untuk menghentikan sementara konten yang sedang dinikmati.

Sementara, pengendalian dari Plantronics BackBeat PRO 5100 dilakukan dengan menekan sisi belakang bodinya, sisi yang berlawanan dengan eartip. Meski kontrolnya bersifat universal, bila pengguna mematikan Plantronics BackBeat PRO 5100 lalu menghidupkannya kembali, pengguna perlu untuk mengaktifkan perangkat kanan dan perangkat kiri secara sendiri-sendiri.

Adapun speaker yang digunakan Plantronics BackBeat PRO 5100 memiliki ukuran 5,8 mm. Bersama komponen pendukung lainnya, Plantronics mengklaim BackBeat PRO 5100 bisa menghasilkan suara dengan frequency response dari 20 Hz sampai 20 kHz. Koneksi nirkabel yang digunakan headset ini adalah Bluetooth 5.0.

Harga: Rp2.499.000

Situs: www.plantronics.com