Find Us On Social Media :

Begini Lima Cara Pesan Ojek Online Pakai Aplikasi Google Maps

By Adam Rizal, Selasa, 4 Februari 2020 | 16:00 WIB

Google Maps

Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360 derajat, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda, atau angkutan umum.

Layanan Google Maps pun telah terintegrasi dengan banyak aplikasi jejaring media sosial dan pesan instan, salah satunya WhatsApp. Pilihan untuk memakai Gojek dan Grab bisa dilihat pengguna dengan masuk ke menu transportasi publik ataupun menu transit.

Google Maps menyediakan informasi tentang durasi perjalanan dan tarif jika pengguna memilih untuk memesan kendaraan secara online. Jika pengguna mengklik salah satu layanan ini, maka bakal diarahkan ke aplikasi yang dipilih.

Namun belum banyak yang tahu kalau aplikasi ojek online yakni Grab dan Gojek bisa dipesan lebih mudah lewat WhatsApp dan Google Maps. Sehingga pengguna tak perlu repot mencari titik tujuan ketika mesti pergi ke lokasi yang belum diketahui.

Berikut cara untuk memesan transportasi online lewat WhatsApp dan Google Maps:

1. Misalnya, ketika Anda dihadapkan situasi ingin janjian bertemu dengan teman di suatu tempat lalu teman Anda membagikan alamat melalui fitur "Location" WhatsApp.Cara Pesan Ojek Online Lewat Google Maps(Kiri-ke kanan) Memesan ojek online bisa lebih mudah dengan membagikan lokasi tujuan lewat WhatsApp. Lalu, klik hingga lokasi terbuka di Google Maps. Setelah memilih titik keberangkatan, pengguna bisa memilih untuk memilih transportasi online yang diinginkan tab bawah atau atas. Pilih Grab atau Gojek dan pengguna akan dibawa ke salah satu aplikasi transportasi online pilihan.

2. Klik alamat yang telah dibagikan dan langsung ditampilkan rute perjalanan melalui Google Maps.

3. Jika Anda memilih opsi perjalanan menggunakan sepeda motor, akan muncul keterangan Your Two-Wheeler (kendaraan roda dua Anda). Di samping keterangan itu, ada opsi Gojek dan Grab.

4. Sebagai contoh, teman saya berada di PT Sanbe Farma dan saya berada di Alun-alun Kota Bandung. Lalu saya pilih Gojek.

5. Setelah itu, klik Open The App (buka aplikasi) dan ditampilkan pemesanan lewat Gojek dari Alun-alun Kota Bandung ke PT Sanbe Farma sebesar Rp9 ribu.

Google pertama kali menambahkan layanan peta digital ke Gojek dan Grab pada Agustus 2016. Sebelumnya, kolom pemesanan kendaraan secara online di Google Maps hanya diisi oleh Uber.