Find Us On Social Media :

Sistem Rating Booking.com Bantu Traveler Pilih Apartemen dan Vila

By Indah PM, Kamis, 6 Februari 2020 | 15:00 WIB

Sistem rating Booking.com

Seperti kita ketahui, rating klasifikasi bintang untuk hotel sudah diakui dan digunakan di seluruh dunia sebagai sarana untuk membantu menilai dan membandingkan kualitas hotel.

Namun, belum ada sistem rating yang berlaku secara global untuk akomodasi alternatif seperti rumah liburan atau apartemen.

Data dari Booking.com mengungkapkan sebanyak satu dari tujuh tamu setiap detiknya, check-in ke rumah liburan, apartemen atau tempat menginap unik lain melalui platformnya.

Latar belakang inilah yang kemudian mendorong Booking.com merintis sistem Rating Kualitas global pertama yang konsisten dan objektif untuk apartemen, rumah liburan, dan vila.

Serupa dengan rating klasifikasi bintang untuk hotel yang secara objektif menilai hotel berdasarkan serangkaian kriteria kualitas, sistem Rating Kualitas yang baru untuk apartemen, rumah liburan, dan vila di Booking.com ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan dalam industri travel.

Sistem ini memberikan tolok ukur global yang bisa dikenali dan diandalkan oleh traveler untuk mengidentifikasi akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan kualitas mereka dengan lebih mudah.

Faktanya, sebanyak 46% traveler Indonesia lebih memilih untuk menginap di rumah liburan atau apartemen ketimbang hotel pada tahun 2020.

Sementara, ‘Rating Bintang’ merupakan salah satu filter yang paling sering dipakai di Booking.com. Karena itulah inovasi ini mencerminkan komitmen dan investasi yang dilakukan Booking.com untuk menciptakan pengalaman menginap yang mudah di berbagai pilihan tempat menginap.

Sistem Rating Kualitas bekerja menggunakan algoritma pemelajaran mesin yang memperhitungkan lebih dari 400 faktor, seperti lokasi, ukuran dan fasilitas, untuk membantu traveler menilai kualitas dan kenyamanan akomodasi di seluruh dunia dengan lebih baik.

Sistem ini memberi informasi untuk membantu traveler mengambil keputusan saat memilih akomodasi yang sempurna. Level kualitas yang berbeda-beda dengan nilai 1 sampai 5 ditampilkan dalam kotak kuning di samping setiap nama akomodasi.

Amerika Serikat, Yunani, Spanyol, Italia, dan Prancis menduduki peringkat teratas negara dengan jumlah akomodasi peraih skor tertinggi (5 dari 5), sementara traveler dari Arab Saudi, Australia, Uni Emirat Arab, Inggris, dan China adalah yang paling sering memilih apartemen, rumah liburan, dan vila dengan nilai tertinggi.

Eric Bergaglia (Global Head Booking.com untuk bisnis apartemen dan rumah liburan), menuturkan pihaknya sangat bersemangat untuk merintis teknologi dan mengembangkan layanan yang selama ini absen dari industri travel.

Kini, selain melihat ulasan tamu yang berharga dan terverifikasi, traveler Booking.com juga bisa mencari apartemen, rumah liburan atau vila dengan melihat skor Rating Kualitas dan dapat lebih leluasa membuat keputusan yang sesuai dengan harapan mereka.