Find Us On Social Media :

Google dan Facebook Jadi Musuh Bersama Perusahaan Media Sekarang

By Adam Rizal, Senin, 10 Februari 2020 | 13:30 WIB

Amazon, Google dan Facebook

Pemimpin CT Corp Chairul Tanjung menghadiri konvensi nasional media massa dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Ia menyebut pesaing besar perusahaan media saat ini bukanlah perusahaan media lain, melainkan perusahaan yang menguasai informasi dan teknologi, seperti Facebook dan Amazon.

"Kita tahu perusahaan-perusahaan besar sekarang ini seperti Amazon, Facebook, pada dasarnya bukan perusahaan media, tetapi mereka kalau kita lihat facebook itu perusahaan sosial media," ujarnya.

Ia mencontohkan bagaimana pendapatan Google saat ini sangat besar. Padahal Google hanyalah mesin pencari.

"Yang terjadi sekarang tiga perusahaan ini sudah mengambil iklan yang jauh lebih besar dari perusahaan-perusahaan media," tutur pria yang akrab disapa CT tersebut.

Menurut CT bisnis perusahaan media saat ini tengah mengalami perubahan besar. Jika tidak diantisipasi, menurutnya tidak menutup kemungkinan media massa yang ada saat ini ditelan zaman.

"Perubahaan ini sebuah keniscayaan karena gaya hidup manusia berubah, media digital lebih cepat memberikan informasi, dan yang paling penting banyak hal yang dilakukan oleh media digital bukan hanya sebagai media, tapi hal-hal lain," ungkapnya.

Turut hadir juga beberapa tokoh dalam konvensi nasional tersebut antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.