Find Us On Social Media :

Strategi GoFood Tahun Ini Fokus Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

By Rafki Fachrizal, Rabu, 12 Februari 2020 | 10:45 WIB

(kiri-kanan) Co-CEO Gojek - Kevin Aluwi, Chief Corporate Affairs Gojek - Nila Marita, Chief Food Officer Gojek Group - Catherine Hindra Sutjahyo, dan Chief Marketing Officer Gojek - Ainul Yaqin pada acara konferensi pers GoFood #LebiHepi di Jakarta (11/2).

GoFood mengungkapkan pertumbuhan kinerjanya yang terjadi selama di tahun 2019 lalu.

Di kuartal empat 2019, jumlah user (pelanggan) yang bertransaksi di GoFood mencapai lebih dari 20 juta pelanggan atau meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama di 2018.

Sedangkan dalam empat tahun terakhir, jumlah pemesanan makanan (completed orders) GoFood meningkat sebanyak 30 kali lipat, dengan rata-rata jumlah completed orders mencapai 50 juta per bulan di akhir tahun 2019.

Sementara, pertumbuhan jumlah mitra merchant meningkat 17 kali lipat menjadi 500.000 merchants.

Dari jumlah merchant tersebut, GoFood mampu menyediakan berbagai pilihan makanan hingga 16 juta item menu kepada pelanggan.

“Dengan pertumbuhan yang solid dan konsisten selama 4 tahun terakhir, GoFood akan memperkuat fokus pada strategi yang memberikan kepuasan berkuliner bagi pelanggan,” kata Catherine Hindra Sutjahyo selaku Chief Food Officer Gojek Group di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta.

Di tahun ini, strategi yang akan dijalankan GoFood yakni dengan menghadirkan empat fitur baru seperti GoFood Plus, GoFood Turbo, GoFood Plus dan fitur Google Assistant untuk pemesanan makanan.

Selain itu, GoFood juga mengenalkan semangat baru dari brand-nya, yakni #LebiHepi. Chief Marketing Officer Gojek Ainul Yaqin menjelaskan bahwa brand GoFood tidak hanya lekat terhadap kebiasaan makan sehari-hari, namun telah memiliki peran lebih dalam menambah momen bahagia.

“Inilah yang melatarbelakangi kami untuk mencetuskan semangat baru #LebiHepi, yang berfokus pada dua aspek utama, yaitu mengantarkan kebahagiaan dan memberikan layanan super cepat,” kata Ainul.

Prediksi Kuliner Favorit 2020 di GoFood

Dalam kesempatan yang sama, Catherine mengungkapkan bahwa di tiga kuliner yang paling sering dipesan pengguna GoFood di tahun lalu.

“Di tahun 2019, menu ayam geprek, es kopi susu, dan pisang goreng menjadi kuliner yang paling sering dipesan oleh konsumen,” ujar Catherine.

Catherine melanjutkan, dengan melihat tren pertumbuhan yang menigkat pesat dari pertengahan hingga akhir tahun 2019, ada beberapa kategori kuliner yang diprediksi bakal menjadi paling banyak dipesan pelanggan pada tahun 2020 ini.

“Makanan seperti nasi telor, aneka menu dengan lauk ikan, dan bubur ayam akan menjadi favorit di tahun ini. Minuman coklat dan es regal akan meraih popularitasnya di kategori minuman, dan aneka jajanan seperti donat, bakwan, dan tahu juga diprediksi menjadi tren di tahun 2020,” jelas Catherine.