Find Us On Social Media :

SmArt Serv, Aplikasi yang Mampu Kurangi Downtime pada Infrastruktur Sistem Pompa

By Rafki Fachrizal, Kamis, 13 Februari 2020 | 14:31 WIB

Nicolai Thrane (Regional Service Director, Grundfos wilayah Asia Pasifik)

Sektor publik dan swasta di Indonesia kini telah memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan berbagai infrastruktur, mengoptimalkan kinerja, dan meningkatkan produktivitas.

Dengan digitalisasi yang secara besar-besaran diadopsi di Tanah Air, berbagai sektor seperti manufaktur, utilitas, perbankan, telekomunikasi, penyiaran, e-commerce, logistik dan travel pun telah sangat diuntungkan.

Hal ini disebabkan oleh kenyamanan dan kecepatan yang ditawarkan oleh platform digital, terutama melalui aplikasi-aplikasi yang dapat diakses oleh para pengguna dengan sangat mudah kapan saja dan di mana saja.

Sejalan dengan pertumbuhan digital di Indonesia tersebut, produsen pompa global Grundfos mengumumkan peluncuran aplikasi servis berbasis cloud terbarunya yang bernama SmArt Serv.

Aplikasi SmArt Serv sendiri dirancang untuk menyediakan servis yang cepat dan efisien, guna menyelesaikan masalah atau kerusakan pada pompa-pompa Grundfos, memangkas proses servis dan meminimalisir downtime pada setiap perbaikan.

Selain itu, aplikasi ini memanfaatkan digitalisasi untuk memastikan kelancaran pada kinerja infrastruktur-infrastruktur utama Indonesia, mulai dari industri hingga utilitas air yang menggunakan produk Grundfos.”

Nicolai Thrane, Regional Service Director, Grundfos wilayah Asia Pasifik mengatakan, “Mengingat pentingnya peran air dalam banyak aspek ekonomi Indonesia, setiap downtime pada infrastruktur utamanya tidak hanya berdampak negatif pada kesinambungan bisnis dan pendapatan, akan tetapi juga memiliki konsekuensi yang besar bagi warganya. Banjir yang baru-baru ini terjadi di beberapa kota di Indonesia merupakan bukti nyata pentingnya memiliki sistem pemompaan yang andal untuk proses drainase dan pengeringan yang lebih efisien.”

Lebih lanjut, lewat aplikasi SmArt Serv, pelanggan dapat dengan mudah menemukan penyedia servis lokal terdekat dan mengajukan permintaan dengan mengisi formulir online serta memasukan gambar pompa atau sistem tersebut.

Penyedia servis tersebut kemudian akan menugaskan salah satu teknisi servisnya ke lokasi untuk memeriksa dan menyelesaikan masalah.

Untuk pompa digital, penyedia servis tersebut bahkan dapat melakukan proses perbaikan secara online melalui fitur bantuan jarak jauh.

Aplikasi ini juga menyediakan opsi kepada para pelanggan untuk memberikan peringkat dan komentar setelah masalah pompanya teratasi.

Nantinya, laporan-laporan tersebut dapat digunakan oleh Grundfos untuk menilai dan merencanakan peningkatan servis secara berkala.

Nicolai Thrane menjelaskan, “Kami telah berupaya keras untuk membangun pompa yang mumpuni dan kami ingin para pelanggan mendapatkan yang terbaik. Untuk mencapai ini, kita harus menggabungkan kualitas tinggi dengan servis terbaik. Komentar pelanggan adalah komponen utama untuk memastikan kualitas dari servis kami dan berusaha agar kami tidak hanya sekedar memenuhi harapan pelanggan, tapi juga bisa melampaui ekspektasi mereka.”

Saat ini, aplikasi SmArt Serv sudah tersedia untuk para pengguna perangkat iOS, Android, dan Windows. Selain itu, aplikasi ini juga dapat dipasang di perangkat komputer desktop.