Find Us On Social Media :

Samsung Pastikan Hape Lipat Galaxy Z Flip Bukan Penerus Galaxy Fold

By Adam Rizal, Jumat, 14 Februari 2020 | 11:30 WIB

Samsung Galaxy Z Flip

Samsung secara resmi meluncurkan ponsel layar lipat terbarunya, Galaxy Z Flip, dalam acara Galaxy Unpacked di San Francisco, Amerika Serikat. Galaxy Z Flip merupakan ponsel layar lipat kedua yang diproduksi oleh Samsung, setelah Galaxy Fold yang lebih dulu diperkenalkan pada 2019 lalu.

Meski sama-sama ponsel layar lipat, pihak Samsung menegaskan Galaxy Z Flip bukan penerus dari Galaxy Fold. Denny Galant, Head of Product Marketing IM & Mobile Samsung Indonesia, mengatakan bahwa Galaxy Z Flip mengisi kategori perangkat baru dari Samsung.

"Sebetulnya ini adalah kategori baru. Galaxy Fold mirip tablet dengan layar yang lebar, tapi bisa dilipat. Sementara, Galaxy Z Flip adalah smartphone yang layarnya bisa dibentangkan," kata Denny.

Denny menambahkan bahwa Samsung menerapkan peningkatan teknologi pada Galaxy Z Flip, khususnya bagian material layar yang kini berlapis kaca. "Layarnya Ultra Thin Glass (UTG). Sekarang UTG ini benar-benar 100 persen flat dan memang benar dari kaca, bukan hanya namanya saja," kata Denny.

Sebelumnya, Galaxy Fold diketahui menggunakan pelapis layar berbahan plastik polymide. Dia melanjutkan, layar Galaxy Z Flip terdiri dari lima lapis, termasuk bagian panel, sensor, dan kaca pelapis tadi. Kelimanya harus bersifat fleksibel supaya bisa ditekuk di sumbu horizontal, untuk mewujudkan gerakan menutup layar Galaxy Z Flip yang mirip ponsel clamshell.

Secara desain, berbeda dengan smartphone lipat Samsung generasi pertama Galaxy Fold. Mekanisme tekuk Z Flip dilipat dari atas ke bawah sehingga berbentuk clamshell.Ketika dilipat, bentuknya bakal setengah dari ukuran awal, atau bisa dibilang seukuran genggaman tangan orang dewasa.

Untuk layarnya sendiri, Galaxy Z Fold memiliki layar berukuran 6,7 inci. Ponsel ini mengusung layar Infinity-O dengan sebuah punch-hole pada bagian depan. Harga Samsung Galaxy Z Flip di Indonesia dipatok Rp 21.888.000. Smartphone lipat ini sudah bisa dipesan (pre-order) pada 12 Februari 2020 mulai pukul 12.00 WIB.

Menurut pihak Samsung Indonesia, setelah melakukan pemesanan unitnya akan tersedia pada awal Maret mendatang.