Find Us On Social Media :

Inilah Tiga Menu Makanan dan Minuman Paling Laku di Gofood di 2019

By Adam Rizal, Jumat, 14 Februari 2020 | 15:00 WIB

Aplikasi pesan makanan Gojek, Gofood

Layanan GoFood kini semakin banyak digunakan masyarakat. Berdasarkan pola pembelian masyarakat itu, GoFood pun mengetahui tiga menu yang paling sering dipesan konsumen lewat layanan mereka.

Seperti diungkap Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo, ayam geprek, kopi susu, dan pisang goreng adalah tiga menu terpopuler di tahun 2019. Tiga menu ini menempati posisi teratas dari total 16 juta menu yang tersedia di Gofood.

Popularitas ketiga menu itu disebabkan oleh masyarakat Indonesia yang menyukai kuliner dengan cita rasa lokal. Hal ini juga didukung oleh menjamurnya gerai-gerai produk tadi yang dibuat oleh pengusaha UMKM.

"Yang namanya ayam geprek itu tested, sudah melalui beberapa zaman. Kopi susu juga sama. Pisang goreng sama, orang Indonesia enggak bisa jauh dari gorengan," kata Catherine di Jakarta.

Pada acara LebiHepi Gofood ini, Catherine juga menjabarkan berapa jumlah pesanan untuk menu tersebut di sepanjang tahun 2019. Ayam geprek ada di posisi teratas dengan jumlah penjualan mencapai 300 juta porsi. Agar lebih mudah membayangkan, jumlah itu setara dengan jarak pulang-pergi Jakarta-Kalimantan bila disusun memanjang.

Berikutnya ada es kopi susu yang terjual sebanyak 15 juta gelas sepanjang tahun. Di posisi ketiga ada pisang goreng. Camilan khas orang Indonesia ini berhasil terjual sebanyak 5 juta buah sepanjang tahun lalu. "Jika ditumpuk, jumlah itu akan setara dengan 116 kali tinggi Gunung Rinjani, ungkap Catherine.

Catherine melanjutkan, jumlah penjualan yang luar biasa tinggi ini berhasil merealisasikan misi Gojek untuk memberdayakan UMKM. Mereka juga mengklaim kalau pendapatan pengusahan UMKM meningkat 3,5 kali lipat sejak bergabung dengan Gojek.

Gojek menyampaikan kalau sampai saat ini Gofood sudah memiliki 500.000 merchant, dimana 96 persen di antaranya adalah UMKM.