Find Us On Social Media :

Jeff Bezos Donasikan Rp.140 triliun untuk Melawan Pemanasan Global

By Wisnu Nugroho, Selasa, 18 Februari 2020 | 11:28 WIB

Jeff Bezos menyumbang US$10 miliar untuk melawan dampak pemanasan global

Pemimpin Amazon sekaligus orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, ternyata memiliki keresahan tersendiri terhadap pemanasan global. Hal tersebut tercermin dari langkah Bezos yang mendonasikan dana US$10 miliar atau sekitar Rp.140 triliun untuk inisiatif menyelamatkan bumi dari pemanasan global.

Pengumuman tersebut disampaikan Bezos melalui akun Instagram-nya.

Bezos menyebut, dana tersebut dapat digunakan peneliti, aktivis, maupun LSM untuk melawan dampak pemanasan global. Ia juga mengajak semua pihak untuk menyatukan langkah memerangi pemanasan global. “[Untuk menyelamatkan bumi] Dibutuhkan aksi bersama dari perusahaan besar, perusahaan kecil, negara, organisasi global, dan individu,” tulis Bezos.

Sumbangan Bezos ini akan mulai dikucurkan musim panas ini. Dana tersebut murni akan disumbangkan sebagai donasi, dan tidak akan digunakan untuk investasi meski ke perusahaan berbasis lingkungan. Sumber dekat Bezos juga menyebut, dana tersebut akan dikucurkan dari kantong pribadi Bezos, di luar dana yang Bezos keluarkan untuk yayasannya.

Sebelum ini, Bezos telah berinvestasi ke Breakthrough Energy Ventures yang fokus ke pengembangan produk ramah lingkungan.

Sebagai orang terkaya di dunia, Bezos disebut memiliki kekayaan mencapai US$130 miliar. Jadi, menyumbangkan US$10 triliun bisa dibilang “bukan apa-apa”. Namun Bezos selama ini kurang dikenal sebagai philanthropist seperti Bill Gates, sehingga sumbangan dalam jumlah begitu besar layak diapresasi. 

Visi ramah lingkungan Bezos sebenarnya sejalan dengan langkah Amazon yang ia pimpin. Akhir tahun lalu, Amazon berkomitmen untuk mencapai net zero carbon emission dari operasional data center-nya pada tahun 2040 nanti.