Find Us On Social Media :

Samsung Galaxy S20 Ultra Dinobatkan Smartphone dengan Layar Terbaik

By Adam Rizal, Jumat, 21 Februari 2020 | 13:04 WIB

Samsung Galaxy S20

Seri ponsel flagship dari Samsung boleh dibilang langganan mendapat gelar "layar terbaik" dari DisplayMate, lembaga penguji segala jenis layar (termasuk smartphone).

Karena itu, tak heran jika smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra juga diganjar nilai "A+" sekaligus gelar ponsel dengan layar terbaik dari DisplayMate. Pujian setinggi langit pun diberikan DisplayMate setelah menguji dengan seksama layar Samsung Galaxy S20 Ultra tersebut. 

"Sejak pertama kali digunakan di seri ponsel Samsung Galaxy, layar OLED mengalami peningkatan di tiap generasi baru. Galaxy S20 Ultra menaikkan standarnya lebih jauh dengan signifikan," tulis DisplayMate dalam laporannya.

Galaxy S20 Ultra menggunakan layar OLED, tepatnya jenis "dual-edge curved screen Flexible OLED" yang diproduksi oleh Samsung sendiri. Panel layar itu memiliki panjang diagonal 6,9 inci dengan resolusi 3.200 x 1. 440 piksel (3K Quad HD+) aspect ratio 20:9, tingkat kerapatan piksel 551 PPI, serta refresh rate hingga 120 Hz.

Galaxy S20 Ultra juga memecahkan atau menyamai 12 rekor pengukuran kualitas layar dari DisplayMate. Contohnya dalam hal tingkat kecerahan maksimum (peak brightness) tertinggi, rasio kontras tertinggi, dan tingkat pantulan layar (reflectance) terendah.

Tingkat kecerahan layar Galaxy S20 Ultra tercatat sebesar 823 nits hingga 1.342 nits. Sebagai perbandingan, iPhone 11 memiliki kecerahan layar 770 nits hingga 905 nits.

Untuk tingkat pantulan, Galaxy S20 Ultra mencatat mirror reflection sebesar 5,4 persen cahaya dipantulkan. "Pantulan Galaxy S20 Ultra nyaris menyentuh titik terendah untuk smartphone yang pernah kami uji. Hasil ini penting untuk tingkat keterbacaan layar, kualitas gambar, dan akurasi warna," lanjut DisplayMate.