Find Us On Social Media :

Booking Booster 2020 Dibuka, Booking.com Kucurkan Dana Rp38,5 Miliar

By Indah PM, Senin, 24 Februari 2020 | 17:00 WIB

Booking Booster

Dengan misi mempermudah semua orang menjelajahi dunia, perusahaan travel digital Booking.com, mengumumkan pembukaan aplikasi untuk program Booking Booster 2020.

Melanjutkan keberhasilan 3 tahun terakhir, edisi ke-4 program Booking Booster ini akan fokus secara eksklusif pada topik akomodasi berkelanjutan.

Booking Booster 2020 akan mengumpulkan semua tipe startup, social enterprise, organisasi nonprofit, dan akomodasi untuk mempelajari berbagai solusi berkelanjutan secara langsung.

Melalui program tahun 2020 ini, para peserta dengan produk dan jasa inovatif, termasuk akomodasi, akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan Rp38,5 Miliar dana bantuan dari Booking.com.

Pada 2019, Sumba Hospitality Foundation, merupakan salah satu dari 10 finalis teratas dalam program Booking Booster dan mendapat dana bantuan sebesar Rp1,4 Miliar. Sumba Hospitality Foundation (Indonesia) mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab, menggabungkan sekolah hotel bagi kaum muda kurang mampu dengan sebuah resor mewah bagi para traveler yang ingin berkontribusi memberikan hidup lebih baik kepada yang lain.

Di tahun 2020 ini sangatlah penting untuk memperjuangkan travel berkelanjutan. Berdasarkan hasil eksplorasi yang diperoleh Booking.com, 77% wisatawan Indonesia mempercayai semua orang harus mengimplementasikan dan membuat pilihan travel berkelanjutan guna menyelamatkan bumi bagi para generasi masa depan serta dapat memilih jenis akomodasi ramah lingkungan untuk pengalaman baru pada perjalanan dan liburan mereka.

Selanjutnya, dalam Laporan Berkelanjutan 2019 dari Booking.com, 96% wisatawan Indonesia tertarik untuk menginap setidaknya satu kali di penginapan “eco-mmodation”. Sementara 84%-nya mengungkapkan mereka cenderung ingin memesan akomodasi penginapan yang ramah lingkungan.

Fokus akomodasi di program Booking Booster 2020 ini didukung oleh penelitian Booking.com, yang menunjukkan bahwa 82% mitra akomodasi Booking.com mau berkolaborasi melakukan upaya berkelanjutan, dan 87% traveler global berpendapat bahwa mempertimbangkan akomodasi yang ramah lingkungan ketika traveling adalah hal yang penting.

Booking Booster 2020 akan mengadakan dua set program 10 hari yang secara khusus fokus pada topik akomodasi berkelanjutan. Program pertama akan diadakan di bulan Mei bagi organisasi dengan produk dan jasa yang inovatif untuk membantu mitra akomodasi agar lebih berkelanjutan. Program kedua akan diadakan di bulan September untuk mitra akomodasi, termasuk mitra yang baru saja memulai praktik berkelanjutan.

Peserta dari kedua sesi tersebut kemudian akan presentasi secara langsung di final Booking Booster pada bulan September untuk memenangkan dana bantuan sebesar Rp38,5 Miliar.

“Melalui program Booking Booster 2020, kami ingin memperjuangkan solusi inovatif yang membantu mitra akomodasi kami untuk mengadopsi praktik yang lebih berkelanjutan. Praktik ini bukan hanya keinginan pelanggan kami, tapi juga mitra kami,” kata Rob Ransom, Vice President of Strategy and Corporate Development di Booking.com.