Find Us On Social Media :

Hands-on realme C3: Tiga Kamera dan Baterai Besar Terbaik di Kelasnya

By Dayu Akbar, Sabtu, 29 Februari 2020 | 16:15 WIB

Setelah realme 5i, realme kembali meluncurkan smartphone yang bidik segmen entry level melalui seri teranyar yaitu realme C3. Meski ditawarkan dengan harga terjangkau, realme tetap menghadirkan beberapa fitur unggulan menarik di kelasnya.Untk desainnya, realme hadir dalam dua pilihan warna yaitu merah (blazing red) dan biru (frozen blue). Kami berkesempatan memegang produk tersebut dan mendapati perbedaan warna ini menawarkan pilihan menarik bagi generasi milenial yang suka dengan warna-warna cerah.Desain bodi belakangnya dibuat kesat dengan motif garis-garis timbul. Meski jadi terlihat tidak semenarik dengan desain glossy, desain ini dimaksudkan agar bodi tidak gampang kotor oleh sidik jari ataunya tangan.

Karena desain kekinian biasanya selalu menggunakan desain dengan lapisan glossy meski terlihat lebih menarik namun lebih berisiko kotor. Motif garis-garis ini pun memiliki efek seperti pancaran sinar ketika terkena cahaya atau saat dimiringkan. Yang menarik, bodi ini sudah diberi pelindung sehingga lebih tahan goresan.Di bagian ini disematkan kamera utama yang diklaim realme sebagai yang pertama di segmennya yang menampilkan triple AI camera dengan pengaturan 12MP + 2MP + 2MP.  Kamera ii tersusun secara vertikal dalam satu frame yang agak timbul. Disebelahnya terdampat lampu flash dengan tulisan AI Super Camera. Sensor fingerprint juga disematkan di sisi tengah, standar lah seperti kebanyak smartphone kekinian.

Untuk tombol fisik, terdapat tombol Power di sisi kanan, sedangkan Volume Up dan Volume Down memiliki tombol terpisah yang ada di sisi kiri. Diatasnya terdapat slot kartu. Kompartemen kartu mendukung hingga penggunaan dua kartu SIM dan satu microSD yang bisa dipasang bersamaan. Untuk port-nya, bagian bawah ada lubang speaker, port microUSB, dan jack audio 3.5mm.Layar realme C3 memiliki ukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+. Desainnya masih standar dengan notch yang diberi nama mini drop. Notch ini menampung kamera selfie dengan resolusi 5 MP. Kamera depan ini juga berfungsi untuk menjalankan face unlock.

realme C3 juga diklaim sebagai smartphone pertama untuk beberapa hal, diantaranya smartphone pertama di dunia dengan prosesor MediaTek Helio G70 serta smartphone realme pertama di Indonesia dengan realme UI yang berbasis Android 10. Prosesor yang digunakan memiliki kecepatan hingga 2,0 GHz yang ditandem dengan chip GPU Mali G52 dengan kemampuan mumpuni untuk menjalankan game-game saat ini.

Baterai menjadi salah satu daya tarik karena tidak hanya berukuran besar saja (5000 mAh), tapi juga mendukung reverse charging sehingga bisa digunakan sebagai powerbank untuk mengisi baterai smartphone lain. Meski baterai besar, ternyata tidak membuat bobotnya jadi berat. Bobotnya yang hanya 195 gram terbilang enteng untuk ukuran baterai tersebut.Bidik segmen entry level, realme C3 ditawarkan dengan harga terjangkau yaitu Rp1.699.000 dan menjadi Rp1.549.000 saat flash sale.