Find Us On Social Media :

Pengapalan PC Diprediksikan IDC Menurun Akibat Outbreak COVID-19

By Cakrawala, Minggu, 1 Maret 2020 | 15:40 WIB

Outbreak COVID-19 telah membuat beberapa acara tahunan TIK (tekonologi informasi dan komunikasi) populer seperti MWC Barcelona dan Game Developers Conference 2020 dibatalkan maupun ditunda tanpa batas waktu. Namun, imbas dari outbreak COVID-19 tak hanya itu. Outbreak COVID-19 juga diprediksikan oleh IDC akan membuat pengapalan PCD (personal computing devices) mengalami penurunan pada kuartal pertama dan kedua tahun 2020 ini. Pasalnya, outbreak COVID-19 antara lain membuat ketersediaan komponen untuk PCD yang mencakup PC desktop, notebook, workstation, dan komputer tablet tersebut terganggu. Banyak perusahaan, misalnya di Cina, yang memang belum bisa berproduksi normal akibat outbreak COVID-19 ini.

"Tidak ada keraguan bahwa 2020 akan tetap menjadi tantangan sejalan dengan level pemanufakturan berada pada yang paling rendah sepanjang masa dan bahkan produk-produk yang siap untuk dikapalkan mengalaman masalah dengan logistik," sebut Jitesh Ubrani (Research Manager, IDC's Worldwide Mobile Device Trackers).

IDC memperkirakan pengapalan PCD akan mengalami penurunan sekitar 8,2% pada kuartal pertama tahun 2020. Sementara, pengapalan PCD akan mengalami penurunan yang lebih besar, tepatnya sekitar 12,7% pada kuartal kedua tahun 2020. Keduanya dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Adapun pengapalan PCD untuk kuartal ketiga dan keempat tahun 2020, IDC memperkirakan akan turut mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Persentase penurunannya memang tidak sebesar kuartal kedua tahun 2020, tetapi persentase penurunan bersangkutan masih di atas 5%.

Secara keseluruhan, pada tahun 2020, IDC memprediksikan bahwa pengapalan PCD akan mengalami penurunan dibandingkan tahun 2019. Besarnya penurunan tersebut diperkirakan IDC sekitar 9%.

Selain outbreak COVID-19, IDC menilai terdapat satu faktor lagi yang membuat pengapalan PCD tersebut akan mengalami penurunan. Faktor itu adalah transisi dari Windows 7 ke Windows 10 yang bisa dibilang sudah selesai dilakukan oleh banyak pihak pada tahun 2019 lalu. Transisi ini membuat pengapalan yang disebut IDC dengan PC tradisional yang mencakup PC desktop, notebook, dan workstation mengalami peningkatan pada tahun 2019 lalu. Sesuatu yang pertama kalinya terjadi pada beberapa tahun terakhir.