Find Us On Social Media :

Manajemen Antivirus Eset Cloud ID Gunakan Server Lokal di Indonesia

By Indah PM, Senin, 2 Maret 2020 | 18:00 WIB

Ilustrasi Backup Data di Cloud

Masih banyak perusahaan yang mempraktekkan metode tradisional dengan melakukan instalasi dan update antivirus secara manual. Sesuatu yang dirasa bukan merupakan keputusan yang tepat.

Apalagi di era industri 4.0 seperti saat ini, sangat diharapkan adanya transformasi digital dalam adopsi teknologi seperti cloud.

Selain mampu memberikan layanan komprehensif yang dapat meningkatkan pengalaman perusahaan dalam mengembangkan perusahaan, adopsi cloud juga mampu memotong proses bisnis, pun dengan jaminan keamanan yang jauh lebih baik.

Konsultan Keamanan TI, PT Prosperita-ESET Indonesia, Yudhi Kukuh mengungkapkan bahwa teknologi digital seperti cloud, mampu membawa gelombang perubahan besar bagi dunia termasuk di Indonesia dalam perkembangan industri 4.0.

"Sudah saatnya semua perusahaan di tanah air melakukan transformasi digital pengelolaan keamanan terpusat melalui cloud, untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas perusahaan,” papar Yudhi.

Baru-baru ini, vendor sekuriti Eset mengeluarkan solusi manajemen antivirus terbarunya yang digadang-gadang sesuai untuk perusahaan di berbagai skala. 

Meski masih dalam versi beta, solusi manajemen antivirus Eset Cloud ID yang baru diperkenalkan ini, diklaim menjadi satu-satunya teknologi manajemen keamanan via cloud untuk endpoint security, dengan server lokal di Indonesia.

Pengelolaan Eset Cloud ID ini tersentralisasi melalui ESET Security Management Center (ESMC). Teknologi ini juga merupakan sebuah terobosan dalam upaya memberikan kemudahan bagi pengguna dalam layanan keamanan, pengelolaan, dan penyimpanan data, pun ideal untuk perusahaan di berbagai skala.

ESET ESMC di cloud bekerja secara simpel, cepat, dan mudah dikelola. Desainnya juga menyasar perusahaan mulai dari SMB sampai dengan level enterprise, di mana setiap pengguna mendapatkan satu server ESMC.

Dengan memanfaatkan pengelolaan keamanan terpadu ini, perusahaan takperlu was-was lagi terhadap keamanan data dari serangan siber, tak perlu pusing memikirkan membeli perangkat lunak atau perangkat keras baru, termasuk keharusan upgrade hardware setiap tahun untuk menyesuaikan dengan kapasitas dan kapabilitas terkini.

Dari sisi sumber daya manusia, solusi Eset Cloud ID juga memungkinkan digunakan oleh perusahaan dengan kualitas IT yang cukup, artinya tidak perlu berinvestasi mahal untuk membayar tim IT dalam jumlah banyak dan berkelas.

Lebih dari itu, dengan konektivitas terhubung langsung di Indonesian Internet Exchange (IIX), Eset Cloud ID juga memberikan keuntungan aksesibilitas dan pengelolaan yang lebih cepat.