Find Us On Social Media :

Mampu Tekan Biaya TI, Manajemen Antivirus Eset Cloud ID Sasar UKM

By Indah PM, Selasa, 3 Maret 2020 | 17:00 WIB

Kiri ke kanan: Yudhi Kukuh, Konsultan TI PT Prosperita Mitra Indonesia, Eset Indonesia bersama Chrissie Maryanto (Direktur Marketing PT Prosperita Mitra Indonesia, Eset Indonesia.

Salah satu momok bagi mereka yang bergelut pada usaha kecil menengah adalah tiadanya biaya TI. Selain infrastruktur yang terbilang mahal, keterbatasan sumber daya manusia turut menjadi persoalan.

Di sisi lain, usaha yang mereka jalankan juga butuh sistem keamanan. Berkaca pada kondisi inilah, PT Prosperita Mitra Indonesia, selaku distributor Eset Indonesia menawarkan solusi manajemen antivirus berbasis komputasi awan, yaitu Eset Cloud ID.

Berinvestasi dalam komputasi awan berarti berinvestasi pada sistem tempat Anda membayar sesuai dengan sumber daya yang digunakan.

Dengan layanan ESET Cloud ID, manajemen, pemeliharaan, dan biaya operasi sudah termasuk ke dalam biaya bulanan atau tahunan. Dalam hal ini perusahaan membayar daya pemrosesan yang digunakan alih-alih membayar kapasitas server. Perusahaan justru akan menghemat uang seiring berjalannya waktu.

Chrissie Maryanto (Marketing Director, PT Prosperita Mitra Indonesia, Eset Indonesia) mengungkapkan, untuk 5 perangkat, solusi manajemen keamanan Eset Cloud ID dibanderol di kisaran Rp500ribu/perangkat/tahun. Nominal tersebut akan lebih murah jika perangkat yang akan dipasang Eset Cloud ID lebih banyak lagi.

Sebaliknya biaya keseluruhan didasarkan pada ruang penyimpanan, dan daya pemrosesan yang dikeluarkan. Selain itu, biaya listrik, perbaikan, keamanan, upgrade, tenaga TI dan lain-lain, sudah termasuk dalam harga setiap sumber daya yang digunakan.

Sementara sebagai penyedia layanan manajemen keamanan komputasi awan, Eset akan terus berusaha menjaga kapasitas sistem dalam skala besar, sehingga dapat memaksimalkan efisiensi. Terlebih lagi, Eset Cloud ID menggunakan server lokal di Indonesia, sehingga pengguna tidak perlu was-was. 

Secara keseluruhan, perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat denganmenggunakan layanan cloud dan infrastruktur berbasis cloud, dibandingmembeli server untuk manajemen antivirus.

Sementara itu, manfaat utama lain dari manajemen komputasi awan adalah protokol keamanan tingkat tinggi untuk memastikan perlindungan data. Karena layanan ini diperuntukkan bagi perusahaan berbagai skala, maka Eset Cloud ID menerapkan standar keamanan tinggi untuk meningkatkan keamanan data. Beberapa di antaranya dengan menggunakan pendekatan berlapis, yang mencakup enkripsi data, kontrol akses yang kuat, dan intelijen keamanan. Termasuk audit keamanan reguler yang merupakan prioritas serta bagian dari integritas.

Teknologi cloud adalah game changer. Mereka yang tidak ikut terlibat atau menjadi bagian dari permainan, maka siap-siap tertinggal jauh di belakang. Dengan berbagai manfaat yang disandangnya, memindahkan pengelolaan keamanan pada komputasi awan merupakan pilihan logis perusahaan di era industri 4.0.

Terlebih lagi dengan meningkatnya berbagai ancaman di dunia siber. Keputusan untuk mengelola keamanan via cloud dapat menjadi alternatif, demi menjaga keberlangsungan perusahaan untuk jangka panjang.