Find Us On Social Media :

Apple Daftarkan Paten yang Diduga iPhone Layar Lipat, Ini Desainnya

By Adam Rizal, Kamis, 5 Maret 2020 | 17:00 WIB

iPhone Lipat

US Patent and Trademark Office (USPTO) baru saja mengesahkan paten Apple bertajuk Foldable cover and display for electronic device.

Berdasarkan namanya, sejumlah pihak memperkirakan paten ini akan bermanfaat untuk pengembangan iPhone berlayar lipat.

Menurut paten ini, perangkat akan mendukung lapisan layar fleksibel yang didampingi oleh lapisan lain, menggunakan bahan perekat atau tipe bahan pengikat lainnya. Phone Arena juga melaporkan bahwa paten ini menampilkan tiga konfigurasi potensial, yaitu lipat, terbuka dan intermediate.

Konfigurasi intermediate akan memungkinkan layar dilipat pada sudut antara terlipat dan terbuka. Apple juga dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk menggunakan sensor guna mematikan, menonaktifkan, atau menjadi layar dalam kondisi siaga saat perangkat tertutup.

Porsi lipat dari lapisan penutup dapat diperkuat oleh bahan kimia dan akan terbuat dari bahan kaca, safir atau setara dengan bahan keramik.

Seperti yang dicantumkan di paten, lapisan penutup akan dimanfaatkan untuk memfasilitasi penekukan atau kelenturan lokal tanpa menyebabkan level tekanan internal yang tidak dapat ditoleransi.

Lapisan penutup ini pada dasarnya melindungi layar dan menyediakan dukungan struktural. Layar tersebut bisa menggunakan panel LCD, OLED, AMOLED, atau panel E Ink.

Dengan memanfaatkan akselerometer, giroskop, magnetometers, atau alat pengukur lain, orientasi layar dapat menentukan antarmuka pengguna yang muncul di layar.

Microsoft Surface Duo dirumorkan juga memiliki fitur demikian, memungkinkan antarmuka pengguna berubah bergantung pada orientasi kedua layarnya.

Sementara itu, sebelumnya Apple menerima paten dari USPTO dengan nomor 10.579.105, dan paten ini terkait dengan paten yang diberikan kepada Apple pada bulan Mei lalu, dengan nomor 10.303.218.

Paten ini menampilkan bahwa iPhone berlayar lipat menjadi salah satu hal yang tengah dipertimbangkan Apple, namun raksasa teknologi ini memilih untuk melakukan tes ombak terlebih dahulu guna mengetahui permintaan konsumen terhadap ponsel lipat berharga tinggi.

Apple juga telah menerima paten lain terkait dengan iPhone berlayar lipat, salah satunya menampilkan rencana Apple untuk menghangatkan layar lipat di hari bersuhu dingin, guna mencegah bagian lipatan di layar menipis saat unit terbuka.

Selain itu, Apple berpotensi untuk menggunakan bahan Elastomeric, cairan, dan bahan lainnya, untuk menjadikan layar sejajar.