Find Us On Social Media :

Eset Perkenalkan Vimanamail, Sang Penjaga Keamanan Gerbang E-mail

By Indah PM, Senin, 9 Maret 2020 | 13:30 WIB

700 juta email dan password bocor

E-mail dirancang sedemikian terbuka untuk dapat diakses, pun memudahkan orang untuk berkomunikasi satu sama lain, termasuk dengan orang-orang di perusahaan lain. Sebagian besar perusahaan bahkan mengandalkan e-mail untuk menjalankan bisnisnya.

Masalahnya, e-mail tidaklah aman, peretas kerap mengeksploitasi e-mail untuk mencuri informasi sensitif agar mendapatkan keuntungan. Baik melalui spam, serangan malware dan phising, serangan tertarget yang canggih, atau Business Email Compromise (BEC).

Ini tentu menjadi masalah klasik yang terus berulang dan menjadi benalu dalam perusahaan, kecuali mereka mulai menerapkan sistem E-mail Security.

PT Prosperita Mitra Indonesia melihat bahwa mengamankan e-mail merupakan kebutuhan mendesak bagi banyak perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Vimanamail hadir sebagai Cloud Email Security.

Cara kerja Vimanamail, yaitu dengan memberikan perlindungan terhadap e-mail dengan memblokir ancaman berbasis e-mail sebelum mereka mencapai server e-mail.

Vimana dapat diandalkan untuk melindungi bisnis dari spam, virus, malware, dan serangan DdoS, memindai semua komunikasi e-mail masuk, termasuk lampiran dan URL untuk tanda-tanda konten berbahaya atau mencurigakan.

Vimanamail berfungsi sebagai kumpulan berbagai teknologi, yang bekerja sama untuk memblokir ancaman e-mail.

Vimana menggunakan beberapa mesin pemindaian untuk melawan e-mail spam dan malware. Beberapa mesin tersebut kemudian saling terintegrasi satu sama lain untuk melakukan pemindaian real time.

Dalam hal ini email yang masuk akan dipindai secara bertahap dengan menggabungkan metode penyaringan RBL atau Real-Time Black List, yaitu mekanisme yang berisi daftar hitam alamat IP yang biasa digunakan oleh spammer dan DNSBL (Domain Name System Black List), atau daftar hitam DNS, yaitu daftar pemblokiran spam yang memungkinkan untuk memblokir pesan dari sistem tertentu yang memiliki riwayat pengiriman spam.

Keduanya kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan bandwidth yang bersih dari e-mail-e-mail sampah, sehingga menjaga reputasi traffic perusahaan.

Vimanamail akan menganalisis e-mail untuk mengetahui berbahaya atau tidak. Jika menganggap e-mail yang diperiksa bersih maka akan diteruskan ke server pengguna. Jika meyakini e-mail sebagai spam atau mengandung ancaman, e-mail langsung dikarantina.

Pada sisi konfigurasi, untuk menghindari konfigurasi yang salah atau tidak benar pada server e-mail yang dibuat oleh pengirim email, Vimana memberi kebebasan untuk mengimplementasikan domain atau e-mail daftar putih/daftar hitam, domain juga dapat dikelola oleh banyak admin dengan peran berbeda.

Sementara dari sisi kompatibilitas, server kompatibel dengan server cloud mail populer seperti: GSuite, Office365, MS Exchange Online atau dengan server email premis: Zimbra, Postfix, Qmail, MS Exchange, Axigen, dan beberapa lainnya.