Find Us On Social Media :

Alasan Orang Indonesia Mulai Gandrungi Smartphone dengan Memori Besar

By Adam Rizal, Rabu, 11 Maret 2020 | 16:30 WIB

Oppo Reno 10x Zoom Indonesia

Oppo mengungkapkan smartphone yang memiliki memori RAM besar paling dicari oleh pengguna di Indonesia.

Menurut Public Relations Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto, kapasitas memori bahkan bisa mendongkrak jualan ponselnya ketimbang menjual kemampuan kamera.

"RAM jadi fitur yang paling dicari orang Indonesia. (Oppo) A9 jadi pelajaran kita," tuturnya.

Oppo meluncurkan A9 2020 pada September 2019. Ponsel ini dilengkapi dengan RAM 8GB dan ROM 128 GB.

Di bulan yang sama, beberapa vendor lain juga meluncurkan ponsel dengan memori 8GB. Diantaranya Vivo V17 Pro, Huawei Nova 5T, dan Realme 5 Pro.

"Waktu kita komunikasi kamera di Oppo A9, respons pasar sedikit kurang. Pas komunikasikan soal RAM, busyet (penjualan melonjak)," tambahnya.

Ditanya lebih lanjut berapa signifikan perubahan penjualan tersebut, Aryo menjelaskan hanya naik 10 persen.

Hal ini diungkap Aryo ketika menjawab pertanyaan soal fitur yang paling populer di kalangan pengguna Indonesia: kamera, memori, atau baterai. Pasalnya, saat ini hal para pembuat ponsel kerap bersaing soal kamera.

Sebelumnya, beberapa pemanufaktur ponsel berusaha tampil beda dengan fitur audio yang mumpuni. Salah satu yang mencoba menjajal fitur ini adalah Blaupunkt Soundphone.

Ponsel ini pertama masuk pasar Indonesia pada 2015, namun tak lagi terdengar kabar setelah terakhir meluncurkan ponsel pada 2017. Menurut Aryo, jika diurutkan fitur yang dicari orang Indonesia adalah kapasitas memori, kamera, baterai, dan desain.

Ponsel kapasitas besar memberi beberapa keuntungan bagi pengguna. Pertama, pengguna bisa leluasa mengunduh aplikasi.

Selain itu, pengguna tak perlu sering menghapus foto dan video yang otomatis tersimpan dari pesan instan. Apalagi saat ini kamera ponsel menyimpan file dalam ukuran lebih besar. Ukuran aplikasi yang diunduh pengguna pun makin gendut.

Memori besar juga membuat ponsel pun tak terasa lambat ketika ponsel dipaksa menjalankan banyak aplikasi sekaligus.