Find Us On Social Media :

Misteri Perbedaan Fitur Dark Mode WhatsApp di Android dan iPhone

By Adam Rizal, Jumat, 13 Maret 2020 | 11:30 WIB

WhatsApp Dark Mode

Pengguna iPhone dan Android kini bisa menikmati fitur Dark Mode atau tampilan gelap di Whatsapp. Namun jika diperhatikan dengan seksama, fitur dark mode untuk WhatsApp Android dan iOS memiliki perbedaan.Perbedaan terletak pada tone warna yang terlihat berbeda. Tampilan Dark Mode pada WhatsApp Android terlihat berwarna abu-abu gelap, sementara di versi iOS lebih dominan warna hitam pekat.

WhatsApp sendiri belum memberikan klarifikasi atau pernyataan resmi mengapa membedakan tampilan dark mode untuk kedua sistem operasi tersebut. Hal ini membuat misteri perbedaan tampilan Dark Mode belum terungkap.

Meski perbedaan warna relatif minim, pengguna iPhone lebih diuntungkan dari tampilan yang lebih hitam. Keuntungan pertama adalah di sisi daya tahan baterai. Pada teknologi OLED, warna hitam berarti mematikan "lampu" pixel, sehingga penggunaan daya baterai yang lebih limit.

Keuntungan kedua adalah kenyamanan. Karena tidak menatap pixel yang "menyala", mata pun menjadi lebih nyaman dalam menatap layar. 

Karena itulah banyak aplikasi, seperti Instagram dan Twitter, menggunakan pendekatan hitam pekat untuk Dark Mode di platform iPhone maupun Android.

Sementara Dark Mode di WhatsApp Android (yang berwarna abu-abu gelap) tak berpengaruh dengan penghematan baterai, karena pixel layar masih mengeluarkan cahaya. Secara visual, warna abu-abu gelap juga membuat mata tidak nyaman.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Whatsapp di iPhone dan AndroidUntuk menggunakan fitur Dark Mode di WhatsApp, pengguna bisa mengikuti langkah di bawah ini:

1. Pastikan sudah terinstal aplikasi WhatsApp terbaru di Android dan iOS2. Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.3. Pilih menu "Settings", lalu pilih bagian "Chats".4. Masuk ke menu "Theme". Di sana ada dua pilihan pengaturan, pertama "Light" pengaturan tampilan normal. Dan kedua "Dark" untuk tampilan gelap.Bagi pengguna WhatsApp yang menggunakan sistem operasi Android 10 dan iOS 13, Anda bisa mengubah tampilan dark mode melalui pengaturan display di perangkat mereka. Berikut caranya:

Pengguna iPhone dengan iOS 13

1. Unduh aplikasi atau update Instagram ke versi terbaru.2. Buka menu Settings > Display > pilih 'Dark Mode'3. Pengguna Smartphone dengan OS Android 104. Unduh aplikasi atau update Instagram ke versi terbaru.5. Buka menu Settings > Display > Night Mode > On6. Kalian lebih suka yang mana, dark mode di WhatsApp Android atau iOS?