Find Us On Social Media :

Cara Membersihkan Layar Smartphone dengan Aman: Jangan Pakai Alkohol

By Wisnu Nugroho, Jumat, 13 Maret 2020 | 20:05 WIB

Cara membersihkan smartphone yang aman

 

Merebaknya virus Corona membuat kita harus berhati-hati melakukan aktivitas sehari-hari. Termasuk, menggunakan smartphone. Alasannya, smartphone yang kita pegang seharian bisa menjadi media penularan virus Corona yang efektif.

Karena itu, penting bagi setiap orang untuk terus menjaga kebersihan smartphone-nya. Namun hati-hati. Membersihkan smartphone, terutama sisi layarnya, tidak bisa menggunakan alkohol atau cairan pembersih biasa.

Pasalnya, layar smartphone memiliki lapisan tipis oleophobic. Fungsi lapisan oleophobic ini adalah melindungi layar dari bekas sidik jari di layar. Jika lapisan ini hilang, layar smartphone Anda akan mudah kotor oleh jejak sidik jari.

Karena itu, gunakan produk pembersih khusus seperti Zeiss Lens Cleaning Wipe atau Ringke Screen & Lens Cleaner Wipe. Kedua produk ini masih mengandung alkohol, namun dalam kadar yang kecil sehingga tidak menghilangkan lapisan oleophobic di layar.

Namun perlu dicatat, lapisan oleophobic ini lama-lama juga akan hilang seiring penggunaan normal. Jadi jika smartphone Anda terhitung lawas dan terlihat mulai gampang kotor, berarti lapisan oleophobic-nya sudah mulai hilang. Jika itu kasusnya, penggunaan alkohol bisa dibenarkan. 

Jika ingin mengetes apakah lapisan oleophobic di layar smartphone Anda masih ada, lakukan pengujian sederhana. Teteskan setetes air di atas layar smartphone, lalu perhatikan bentuknya. Jika air cenderung berkumpul membentuk satu gundukan air, berarti lapisan oleophobic di layar masih normal.

Jika air berceceran ke berbagai arah, berarti lapisan oleophobic di smartphone Anda sudah hilang.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membersihkan smartphone adalah membersihkan bagian berlubang dari smartphone, seperti lubang charger dan audio. Gunakan cotton bud untuk menjangkau sela-sela lubang. Namun hati-hati, jangan sampai ada bagian kapas yang tertinggal.

Namun jika Anda termasuk orang yang tidak suka repot, produk seperti smartphone sanitizer bisa menjadi solusi. Smartphone sanitizer berfungsi membunuh kuman dengan menggunakan cahaya ultra violet.