Find Us On Social Media :

Inilah Bocoran Fitur Terbaru iOS 14 yang Bakal Hadir September 2020

By Adam Rizal, Jumat, 13 Maret 2020 | 16:30 WIB

Apple iOS 12

Saat ini Apple Inc sedang merampungkan pembaruan sistem operasi mereka, yaitu iOS 14. Saat ini sistem operasi yang sedang berjalan di perangkat iPhone maupun iPad Apple adalah iOS 13, yang dirilis pada 19 September 2019.

Salah satu fitur yang akan diboyong iOS 14 ialah fitur 'mention' di layanan iMessages. Menurut laporan BGR, Apple dikabarkan tengah menguji coba fitur 'mention' atau menyebutkan di layanan pesan iMessages.

Fitur itu memungkinkan pengguna yang tergabung dalam sebuah grup obrolan untuk memanggil teman mereka menggunakan simbol '@'.

Selain itu, iOS 14 akan membolehkan pengguna iPhone dan iPad untuk memilih Google Chrome dan Google Mail (Gmail) menjadi aplikasi default. Sebelumnya, pengguna iPhone harus menggunakan browser Safari dan email client Mail buatan Apple. 

Hal ini mengindikasikan "kebesaran hati" Apple untuk memberikan kesempatan yang lebih adil kepada pengembang aplikasi lain untuk bersaing dengan layanan internal Apple. 

Selain itu, iOS 14 akan menghadirkan sejumlah fitur baru, salah satunya adalah fitur PencilKit, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menulis teks menggunakan Apple Pencil.

Pada aplikasi Notes memang terdapat fungsionalitas untuk mengenali kata-kata tulisan tangan. Namun selebihnya, memang belum ada fitur yang mengubah tulisan tangan menjadi teks.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup menulis tangan. Tulisan tangan itu kemudian akan diubah menjadi teks standar sebelum dikirim. Kemampuan OCR (Optical Character Recignition) pada fitur PencilKit ini tampaknya berfungsi pada hampir seluruh bidang input teks apa pun di iOS.

Artihya, fitur ini akan kompatibel pada aplikasi semacam Messages, Notes, Reminders, Calendar, Mail dan masih banyak lagi.

Rencananya, iOS 14 ini akan dirilis antara tanggal 14 atau 18 September 2020. Pemilihan waktu ini sejalan dengan tradisi iOS yang selalu diperkenalkan di bulan September. Contohnya pembaruan iOS 9 dirilis tanggal 16 September 2015, setahun kemudian iOS 10 pada 13 September 2016, iOS 11 pada 20 September 2017, iOS 12 pada 17 September, dan iOS 13 pada 19 September 2019 seperti dilansir Mac World.

Namun rencana itu bisa jadi tertunda akibat virus Corona.