Find Us On Social Media :

Review TP-Link Deco E4: Tampilan Baru, Penggunaan Tetap Mudah

By , Minggu, 15 Maret 2020 | 08:00 WIB

Dua tahun setelah perdana meluncurkan wireless router system rumahannya, kini TP-Link menghadirkan varian terbaru dari seri Deco, yaitu E4. Hadir dengan desain yang baru, Deco E4 juga menawarkan konfigurasi yang mudah dengan spesifikasi yang cukup menjanjikan.

Paket Deco E4 yang kami terima ini terdiri dari dua node. Kedua node tersebut tentunya bisa terhubung satu sama lain melalui koneksi mesh. Yang menarik, setiap node bisa berfungsi sebagai gateway sehingga Anda tidak perlu bingung menentukan perangkat mana yang utama. Jika dua node terasa masih kurang, Anda pun bisa menambah node dengan membeli Deco lain.

Untuk memudahkan berbagai jenis pengguna termasuk yang awam, TP-Link menawarkan konfigurasi yang sederhana, mudah, dan cepat. Melalui aplikasi Deco yang tersedia pada Android dan iOS, Anda bisa melakukan konfigurasi jaringan nirkabel dengan mengikuti wizard yang tersedia.

Deco E4 ini sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Deco M5 yang hadir lebih dulu. Spesifikasinya kurang lebih masih sama, yaitu mendukung koneksi Wi-Fi pita ganda 2,4 GHz dan 5 GHz dengan kecepatan total sampai sekitar 1.200 Mbps. Tersedia juga dua porta LAN 100 Mbps pada masing-masing node. Hanya saja, paket Deco M5 terdiri dari tiga node yang sedikit banyak membuat harga awalnya lebih tinggi.

Jika Deco M5 memiliki bentuk yang pipih membulat, Deco E4 hadir dengan desain yang lebih segar. Perangkat ini memiliki bentuk menyerupai silinder yang cukup ringkas sehingga bisa diletakkan di meja maupun di lemari tanpa memakan banyak tempat.

Secara kinerja, dengan mengandalkan dua pita dan kecepatan teoritis maksimal sekitar 1.200 Mbps, kinerja Deco E4 lumayan. Saat melakukan transfer data dari satu perangkat yang terkoneksi ke salah satu node ke perangkat lain yang terkoneksi ke node satunya lagi, kami mendapatkan kecepatan rata-rata sekitar 134 Mbps.

Paket Deco E4 terdiri dari dua node yang masing-masing bisa berfungsi sebagai gateway.

Kesimpulan

Dibandingkan Deco M5, tak terlalu banyak perbedaan yang ditawarkan Deco E4. Untuk urusan kemudahan pun, perangkat ini tetap menawarkan kemudahan konfigurasi dan penggunaan. Namun, dengan jumlah node yang lebih sedikit, harga awalnya lebih terjangkau. (Steven Irwandi)

Plus: Desain ringkas, konfigurasi mudah, ada dua porta LAN pada setiap node, harga relatif terjangkau.

Minus: Kecepatan teoritis maksimal hanya 1.200 Mbps, LAN belum gigabit.

Spesifikasi

Standar 802.11a, 802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor 2 x WAN/LAN 100 Mbps
Mode operasi Wireless router, access point
Kecepatan transfer data Sampai 300 Mbps (2,4 GHz 802.11b/g/n) + sampai 867 Mbps (5 GHz 802.11a/n/ac)
Fitur Server DHCP, MAC address filter, filter URL, parental control, aplikasi mobile
Kelengkapan Adaptor daya, manual, kabel LAN
Situs www.tp-link.com
Garansi 1 tahun
Harga Rp1.550.000