Find Us On Social Media :

Cara Gunakan Chatbot untuk Ketahui Informasi Akurat Virus Corona

By Adam Rizal, Sabtu, 14 Maret 2020 | 15:00 WIB

Chatbot Virus Corona

Saat ini masyarakat tidak perlu risau dengan penyebaran konten-konten hoaks virus corona lantaran informasi virus corona SARS-COV-2 penyebab penyakit Covid-19 kini bisa diakses lewat (perbincangan) di Whatsapp.

Layanan milik United Nations Children's Fund (UNICEF) ini bisa diakses ke Layanan U-Report dengan chat ke nomor 08119004567. Layanan ini bisa memberikan informasi seputar SARS-COV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 oleh chat bot yang disediakan.

"Kami ada sistem namanya U-Report, jadi U-Report ini adalah chat bot. Jadi, kalau misal kita masukkan 'mau tahu informasi corona lebih lanjut', otomatis dia akan menjawab WhatsApp kita," kata Education Specialist UNICEF Indonesia, Nugroho Indera Warman di acara Masyarakat Anti Hoax Indonesia di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jakarta.

Pria yang akrab disapa Nunu ini menjelaskan nantinya pengguna akan disuguhkan berbagai informasi terkait virus corona, mulai dari apa itu COVID-19, cara melindungi diri dan orang lain, lalu misinformasi yang terkait corona.

Selain itu, ada juga informasi data terkini berapa jumlah orang yang terjangkit virus corona di Indonesia.

"Isinya nanti di situ, mulai dari apa itu COVID-19, cara-cara melindungi diri dan orang lain, misinformasi seputar virus corona yang terbaru. Misalkan, apakah hewan peliharaan bisa menularkan virus corona? Itu nanti ada penjelasannya," jelas Nugroho.

"Lalu ada juga informasi soal masker dan data terkini. Saya harap ini bisa membantu kita lebih jernih menanggapi wabah virus corona," pungkasnya.

Begini cara mencoba fitur chatbot UNICEF Indonesia:

1. Simpan nomor 08119004567, nama kontak bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.2. Lalu masukkan kata kunci 'corona'.3. Setelah itu UNICEF akan mendata informasi tentang Anda seperti usia, jenis kelamin, dan domisili.4. Anda dihadapkan dengan sejumlah opsi yaitu:

Cara Cek Informasi Corona Lewat WhatsappChatbot Unicef tentang informasi virus corona lewat Whatsapp. (Tangkapan layar chatbot UNICEF Indonesia)

A. Apa itu #Covid19B. Bagaimana #Covid19 tersebarC. Apa saja gejala #Covid19D. Cara-cara melindungi diriE. Cara-cara melindungi orang lainF. Misinformasi seputar virus corona yang baruG. Info tentang maskerH. Data terkini dan lainnya

Berikut beberapa saran untuk melindungi diri dari virus corona sebagai berikut.

- Sering-sering cuci tangan dengan SABUN dan AIR MENGALIR. Contohnya: sebelum dan sesuah makan, setelah menggunakan toilet, berpergian, menyentuh binatang atau kotoran hewan.- Menutupi mulut dan hidung dengan tisu sekali pakai ketika batuk atau bersin.- Hindari kontak dekat dengan orang yang menunjukkan gejala.- Cari pertolongan medis jika kamu demam, batuk, atau sulit bernapas