Find Us On Social Media :

Gara-gara Corona, Konser Metal Pun Harus Dilakukan Secara Streaming

By Wisnu Nugroho, Selasa, 17 Maret 2020 | 13:00 WIB

Grup band Code Orange terpaksa melakukan konser secara streaming akibat wabah Corona

Wabah Corona yang melanda dunia benar-benar mengubah kehidupan sehari-hari. Mulai dari harus melakukan social distancing sampai belajar dan bekerja di rumah masing-masing. Bahkan konser musik metal, yang biasanya diwarnai aksi head banger dan moshing, kini juga harus dilakukan secara streaming.

Hal itulah yang dialami Code Orange, sebuah grup rock band asal Pittsburg, AS. Awalnya, grup band ini akan melakukan konser pada tanggal 13 Maret untuk menandai perilisan album terbaru mereka. Tiket sudah habis terjual, namun konser batal dilakukan mengingat wabah Corona yang sedang melanda AS. 

Karena itulah manajemen band kemudian berinisiatif mengubah konser menjadi live-streaming. Menggunakan layanan Twitch, Code Orange tetap melakukan pementasan di arena yang hanya terisi kru sebanyak 20 orang. Sementara penggemarnya terpaksa menyaksikan pementasan secara streaming.

Untuk menjaga suasana konser, manajemen band pun melibatkan Sunny Singh, seorang veteran di bidang videographer dan cinematographer. “Kami sepakat untuk membuat standar baru (terkait konser via streaming) tanpa melibatkan budget yang besar,” ungkap Singh kepada Popular Science.

Beberapa arena konser sebenarnya memiliki peralatan live-stream, namun biasanya cuma satu kamera wide-angle untuk menangkap keseluruhan panggung. Agar lebih hidup, Singh menggunakan enam kamera sekaligus, termasuk dua kamera handheld Canon yang digunakan petugas kamera di atas panggung. 

Semua kamera itu sendiri dilengkapi colokan ethernet. Hal ini penting untuk menjaga koneksi yang stabil antara kamera dengan pusat pengelolaan video. Jika kamera menggunakan jaringan wireless, koneksi bisa terganggu karena arena konser sudah penuh dengan gelombang radio (mulai dari mikrofon, instrumen musik, sampai monitor).

Sedangkan untuk suara, Singh mengambilnya langsung dari soundboard untuk menjamin sinyal yang bersih. Hal ini untuk menghindari ketidaksinkronan antara video dan suara saat berlangsungnya konser. 

Meski sudah mempersiapkan segala cara, Singh mengaku sempat ragu apakah konser dengan streaming ini bisa berlangsung sukses. Karena itu, ia sempat membuat akun Twitch percobaan untuk melihat hasilnya. “Jika ada orang yang menemukan akun itu, mereka bisa melihat kami saat melakukan uji coba,” ungkap Singh sambil tergelak.

Untungnya, semua berlangsung lancar. Saat konser berlangsung, hampir 13 ribu orang menonton konser tersebut. Angka ini jauh melebihi arena konser sesungguhnya, yang hanya menampung 2000 penonton. Konser ini sendiri bisa Anda nikmati di akun Twitch resmi Code Orange. Versi HD-nya juga akan tersedia dalam waktu dekat di Youtube.

Menonton konser via streaming memang tidak akan menggantikan pengalaman menonton konser secara langsung. Namun sampai wabah Corona reda, mari moshing di rumah masing-masing.