Find Us On Social Media :

VMware Umumkan Perluasan Tanzu serta vSphere dan Cloud Foundation Baru

By Cakrawala, Kamis, 19 Maret 2020 | 07:30 WIB

VMware minggu lalu telah mengumumkan secara resmi perihal perluasan Tanzu dengan portofolio baru serta vSphere dan Cloud Foundation baru. VMware mengklaim kehadiran aneka produk dan servis barunya itu akan membantu perusahaan di dunia dalam memodernkan aplikasi dan infrastrukturnya yang tentunya membantu transformasi digital perusahaan bersangkutan. Pasalnya portofolio baru VMware Tanzu, VMware vSphere 7, dan VMware Cloud Foundation 4 antara lain bisa memudahkan perusahaan dalam membangun aplikasi modern dan menjalankannya pada private cloud, public cloud, maupun secara hibrida.

"Kami sebenarnya telah menggambarkan Any Application selama beberapa tahun sejalan dengan apa yang sedang kami kerjakan, tetapi itu sebelumnya tidak pernah menjadi sebuah bagian yang robust dari portofolio, sampai saat ini. Dan itu sebenarnya adalah berita dari pengumuman pada acara ini sejalan dengan kami telah membangun aset untuk benar-benar mengatakan bahwa kami sekarang sungguh bisa menolong orang untuk membangun, menjalankan, mengatur, menghubungkan, dan memproteksi sepanjang visi Any App, Any Cloud, Any Device ini," ujar Pat Gelsinger (CEO, VMware) sambil menegaskan dukungan Kubernetes pada produk dan servis barunya itu.

Kubernetes sekarang memang sudah menjadi pilihan oleh banyak pihak sebagai platform untuk mengatur beban kerja dan servis yang terkontainerisasi. Dengan kata lain, Kubernetes telah menjadi pilihan banyak pihak untuk mengorkestrasi aplikasi modern yang memanfaatkan kontainer dan mikroservis yang saat ini makin umum digunakan.

VMware Tanzu sendiri adalah kumpulan produk dan servis yang ditujukan untuk membantu perusahaan dalam membangun aplikasi modern. Sebelumnya, pada VMware vFORUM Singapore 2019 beberapa bulan lalu, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, VMware menyebutkan bahwa ia telah dan akan mengakuisisi sejumlah perusahaan yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi modern, serta telah dan terus mengembangkan kemampuannya untuk menjalankan dan mengatur aplikasi modern. Kini, sejalan dengan itu, VMware mengumumkan portofolio baru Tanzu yang lebih luas. VMware Tanzu sekarang mencakup Spring Boot, Tanzu Application Catalog, Tanzu Application Service, Tanzu Kubernetes Grid, Tanzu Mission Control, dan Tanzu Observability by Wavefront.

Spring Boot dan Tanzu Application Catalog ditujukan untuk membantu perusahaan dalam membuat atau mengembangkan aplikasi modern, Tanzu Application Service untuk membantu perusahaan dalam memindahkan aplikasi modern dari lingkungan pengembangan ke lingkungan produksi, Tanzu Kubernetes Grid untuk memudahkan perusahaan menjalankan atau mengoperasikan aplikasi modern pada berbagai infrastruktur, Tanzu Mission Control untuk membantu perusahan mengatur termasuk mengoptimalkan berbagai klaster sehubungan aplikasi modern, dan Tanzu Observability by Wavefront untuk memudahkan perusahaan mendapatkan masukan alias insight dari aplikasi modern sampai infrastrukturnya.

Salah satu yang disorot lebih lanjut oleh VMware adalah Tanzu Application Catalog. Tanzu Application Catalog merupakan tawaran VMware untuk perusahaan sehubungan peranti lunak open source. VMware Tanzu Application Catalog menghadirkan peranti lunak open source yang telah dikurasi secara cermat oleh VMware untuk antara lain memastikan keamanannya dan keandalannya ketika digunakan pada lingkungan produksi. Dengan VMware Tanzu Application Catalog, perusahaan bisa menggunakan peranti lunak open source pilihan tanpa perlu "mengurusi" hal-hal seperti keamanannya dan keandalannya tersebut.

VMware mengklaim kombinasi Tanzu dan Cloud Foundation merupakan kumpulan yang lengkap untuk aplikasi modern dan tradisional.

VMware vSphere 7 adalah platform virtualisasi server VMware versi terkini. Dibandingkan VMware vSphere versi sebelumnya, VMware vSphere 7 menawarkan berbagai peningkatan. Salah satu dari peningkatan itu adalah dukungan akan Kubernetes yang diintegrasikan secara langsung pada VMware vSphere 7. Dengan dukungan Kubernetes secara langsung tersebut, para kontainer yang diorkestrasi Kubernetes bisa dipindah dengan mudah ke dan dari berbagai public maupun private cloud yang mendukung VMware vSphere. Namun, untuk saat ini, VMware vSphere 7 dengan dukungan Kubernetes secara langsung, disebut dengan VMware vSphere 7 with Kubernetes, hanya tersedia melalui VMware Cloud Foundation 4. Adapun VMware vSphere 7 (tanpa embel-embel with Kubernetes) belum mengintegrasikan dukungan Kubernetes secara langsung.

Selain perihal Kubernetes, berbagai peningkatan lain yang ditawarkan vSphere 7 dipilah VMware ke dalam tiga kelompok, yakni simplified lifecycle management yang bisa menyederhanakan manajemen terhadap ribuan instance ESXi alias hypervisor, intrinsic security yang bisa meningkatkan keamanan, dan application acceleration yang bisa mengakselerasi kinerja berbagai aplikasi. Pada intrinsic security misalnya, vSphere 7 membolehkan apa yang disebut dengan trusted computing base untuk memastikan tingkat kepercayaan berbagai host ESXi lain; apakah aneka host ESXi lain itu terpercaya atau tidak. Trusted computing base ini merupakan kumpulan host ESXi yang terpercaya, yang juga aman secara fisik, dan yang hanya sedikit administrator yang memiliki akses terhadapnya.

Sementara, VMware Cloud Foundation 4 adalah versi terbaru dari VMware Cloud Foundation. VMware Cloud Foundation sendiri merupakan suatu kumpulan peranti lunak yang terintegrasi yang menggabungkan VMware vSphere, VMware vSAN, VMware NSX, dan VMware vRealize Suite ke dalam sebuah platform. Dengan kata lain, VMware Cloud Foundation menggabungkan compute, storage, dan network virtualization dari VMware plus manajemennya ke dalam platform tunggal. Selain vSphere 7, VMware Cloud Foundation 4 juga menggabungkan versi terkini dari komponen lainnya, yakni VMware vSAN 7, VMware NSX-T, dan VMware vRealize Suite 2019. Tak hanya itu, VMware Cloud Foundation 4 pun mengintegrasikan Tanzu Kubernetes Grid.