Find Us On Social Media :

Bantu Pemprov DKI, Good Doctor Hadirkan Layanan Chat Seputar Corona

By Dayu Akbar, Rabu, 18 Maret 2020 | 11:00 WIB

Sebagai penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi, Good Doctor terus meningkatkan upaya preventif COVID-19 dengan membentuk Team-9, unit kerja khusus yang akan bekerja bersama Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penanganan isu COVID-19. Melalui kemitraan ini, Good Doctor melalui layanan tanya jawab dengan dokter secara online di aplikasi Grab (GrabHealth) akan membantu call center Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menanggapi permintaan tanya jawab masyarakat yang masuk mengenai COVID-19. Good Doctor adalah mitra resmi Grab dalam menghadirkan layanan kesehatan melalui GrabHealth powered by Good Doctor.Kerja sama Good Doctor dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan diwujudkan dalam upaya menjaga kualitas konten edukasi masyarakat terkait COVID-19, serta pemberdayaan sesi tanya jawab online layanan Good Doctor untuk memberikan klarifikasi atas informasi yang meresahkan atau membingungkan masyarakat, khususnya warga DKI Jakarta. “Warga DKI Jakarta dapat tanya jawab langsung dengan dokter kami, bukan dengan chatbot, yang tentunya dengan respon cepat dan akurat terhadap semua pertanyaan yang diberikan, serta layanan tanya jawab ini tidak dipungut biaya atau gratis,” kata dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management of Good Doctor.Dengan pelatihan ini, Good Doctor dapat memberikan sesi tanya jawab serta potensi risiko infeksi COVID-19 mulai dari kontak erat risiko rendah atau tinggi, sampai potensi ODP atau PDP untuk dirujuk ke Posko KLB Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Hingga Selasa (17/3), Good Doctor sendiri mencatat adanya lonjakan sebesar 26x lipat pada sesi tanya jawab online antara pengguna dengan tim Good Doctor, yang didominasi oleh pertanyaan seputar gejala penyakit flu serta klarifikasi informasi COVID-19 dari ranah online secara umum. Pertumbuhan ini diamati sejak diumumkannya kasus positif di Indonesia pada 2 Maret 2020.Saat ini, posko dan hotline KLB Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk COVID-19 didedikasikan untuk menangani pelaporan dari masyarakat melalui saluran telepon ataupun chat di nomor hotline 081388376955. Good Doctor akan menjadi saluran informasi dan pelaporan tambahan bagi masyarakat, mengurangi antrean permintaan informasi di saluran chat KLB Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.