Find Us On Social Media :

Dapatkan Informasi Wabah Virus Corona Bebas Hoaks di Covid19.go.id

By Adam Rizal, Kamis, 19 Maret 2020 | 13:00 WIB

Pemerintah, melalui Kementerian Kesehatan mengungkap 5 negara berisiko sebarkan virus corona.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 membuat situs informasi terkait penyebaran virus corona di Indonesia melalui www.covid19.go.id.

"Kami menyadari, masyarakat butuh akses pada informasi akurat, cepat, dan terpercaya. Untuk itu mengapa situs www.covid19.go.id dibuat, agar bisa menjadi sumber informasi resmi satu pintu," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo di Jakarta.

Situs itu berisikan tentang tata cara penanggulangan dan langkah-langkah yang harus dilakukan masyarakat jika timbul gejala maupun terpapar virus corona. Situs itu juga dibangun untuk menangkal hoaks soal corona.

"Kami berkomitmen memberikan informasi yang akurat dan bertanggung jawab kepada masyarakat. Pengetahuan dan perilaku yang benar adalah elemen penting untuk melawan penyebaran penyakit ini," ujar Doni.

Doni meminta masyarakat waspada dengan penyebaran virus. Dia meminta masyarakat terus menjaga diri dan saling gotong royong menghadapi virus corona.

Dia optimistis Indonesia bisa menghadapi virus corona. Masyarakat juga diminta tetap mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

"Di antaranya menjaga jarak aman, bekerja, beribadah, belajar dari rumah, serta selalu melakukan praktik kebersihan dasar, khususnya cuci tangan menggunakan sabun," tutur Doni.

Situs informasi korona ini dikembangkan Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan covid-19.

Tim terdiri dari unsur pemerintah, Badan PBB, mitra pembangunan internasional, organisasi masyarakat sipil, dan dunia usaha.